Retribusi Pasar Blok F Belum Optimal

CILEGON, SNOL – Kabid Pasar pada Disperdagin Kota Cilegon, Muhammad Satiri menyatakan, tahun ini retribusi pendapatan di Pasar Blok F, yang berlokasi di Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon, belum mencapai target yang diinginkan. Belum terca­painya target ini, karena masih banyak pedagang yang belum menempati lapak yang sudah disiapkan.

“Memang benar untuk tahun ini pendapatan retribusi pajak di Pasar Blok F masih belum capai target. Dari target sebe­sar Rp322 juta kita baru men­capai target sekitar beberapa persen saja,” ungkap Satiri saat ditemui BANPOS (Group Satelit News), usai memantau di Pasar Blok F, “ujarnya kemarin. Ia memaparkan,bsalah satu kend­ala yang dihadapi belum terser­apnya retribusi pendapatan di Pasar Blok F ini, lantaran masih banyak pedagang yang yang be­lum menempati lapak atau kios yang sudah disediakan.

“Itulah yang menjadi salah satu kendala yang kita hadapi saat ini di mana banyak peda­gang masih belum mengisi lapak atau kios yang kita siap­kan kepada mereka. Dari total 240 kios yang disediakan baru 100 kios yang terisi dan 140 kios yang masih kosong sedangkan untuk emprakan yang disedia­kan sekitar 408 baru terisi 380 kios,” urainya.

Kondisi tersebut merupakan salah satu kendala yang musti dilakukan dan dicarikan solusi agar pendapatan retribusi di Pasar Blok F dapat teralisasi dengan baik. “Jadi ini bukan hanya tugas dari dinas saja da­lam menyediakan dan meny­iapkan inovasi tersebut. Perlu adanya campur tanggan dari pihak UPTD Pasar Blok F agar pedagang bisa kembali mem­buka lapaknya di Pasar Blok F,” terangnya.

Satiri mengatakan, pemban­gunan Pasar Blok F menggunk­an anggaran yang tidak kecil melainkan anggaran yang cukup tinggi. Bahkan, pembangunan pasar tersebut pun tidak hanya menggunakan APBD Kota Ci­legon saja. “Kita membangun pasar kan enggak kecil tuh. Ang­garannya bisa capai miliaran ru­piah. Kenapa tidak semua yang sudah kita persiapkan untuk pedagang digunakan untuk ped­agang. Toh semuanya dikemba­likan lagi kan untuk pedagang,” pungkasnya.

Sementara, Kepala UPTD Pasar Blok F, Mulyadi mem­benarkan, saat ini pendapa­tan retribusi di Pasar Blok F masih belum maksimal. Oleh karena itu, dirinya akan terus memaksimalkan pendapatan agar pendapatan retribusi bisa sesuai dengan target tersebut. “Kita optimis di 2018 pendapa­tan retribusi bisa tercapai den­gan baik,” ucap Mulyadi. (eua/eky/bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.