Tugu Kabupaten Tangerang Tak Terawat

TIGARAKSA, SNOL—Tugu Kabupaten Tangerang yang berada persis di per­tigaan lampu merah menuju Jalan Bojong-Pusat Pemerintahan Kabu­paten (Puspemkab) rusak dan tak terawat. Tampak huruf E pada tu­lisan Tangerang dibiarkan tergeletak begitu saja dan belum ada perbaikan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Pantauan Satelit News di lapan­gan, huruf E pada tulisan Tangerang itu nampak tergeletak dan bersandar pada tembok dibelakangnya, bahkan diganjal dengan sebuah pavingblock dibawahnya. Belum diketahui pe­nyebabnya rusaknya salah satu ba­gian dari tugu selamat datang ini dan kapan akan diperbaiki. Pada sisi lain, cat asli tulisan Kabupaten Tangerang yang berwarna merah dan putih pun terlihat pudar. Padahal, keberadaan Tugu Kabupaten Tangerang sangat strategis dan banyak dilalui kenda­raan.

Pengendara yang melintas, Ma­droif mengaku sangat menyesalkan atas kejadian itu. Menurutnya, Tugu Kabupaten Tangerang hendaknya dipelihara dengan baik, melihat ke­beradaanya sebagai petunjuk Pusat Pemerintahan Kabupaten (Pus­pemkab) Tangerang. Namun berbe­da dengan kondisi sebenarnya, Tugu Kabupaten Tangerang itu justru nampak tidak terawat. Terbukti den­gan rusaknya tulisan huruf E pada tugu, tampilan tugu yang terlihat us­ang dan berdebu juga menunjukan minimnya perhatian pihak terkait dalam melakukan pemeliharan tugu tersebut.

“Sangat disayangkan sekali kalau sampai rusak seperti itu. Kondisinya juga sudah lama seperti itu terlihat usang dan berdebu. Pengecatan tembok juga sepertinya entah kapan terakhir dilakukan,” katanya.

Padahal, kata dia, keberadaan Tugu Kabupaten Tangerang henda­knya bisa menjadi kebanggaan dae­rah, khususnya pada saat kunjungan dari daerah lain yang hendak ma­suk ke dalam kawasan Puspemkab Tangerang. Apalagi anggaran untuk pembangunan tugu itu beberapa ta­hun lalu sangat besar.

“Harusnya dijaga sebagai kebang­gan daerah, melihat alokasi pemban­gunannya pun yang diprediksi tidak sedikit nilainya,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid Konservasi Sumberdaya dan Pertamanan Di­nas Lingkungan Hidup dan Kebersi­han Asep Jatmika mengaku tengah melakukan upaya perbaikan terha­dap tugu yang rusak tersebut. Menu­rutnya, pemeliharan tugu Kabuapten Tangerang baru kali pertama dilaku­kan. “Iya di saya pemeliharaannya, sedang kami tangani,” pungkasnya. (mg1/aditya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.