Dalam Hitungan Menit, Rumah Ludes Terbakar

Diduga Akibat Konsleting Listrik

CIMARGA,SNOL–Rumah semi per­manen milik Abdul Hikmat (38), warga Kampung Pasir Taplok RT/RW 07/03, Desa Mekarjaya, Keca­matan Cimarga, Kabupaten Lebak, musnah terbakar, sekitar pukul 20.10 WIB, Kamis (23/11) lalu. Tak ada ko­rban jiwa dalam musibah ini, hanya saja korban yang merupakan warga kurang mampu ini mengalami keru­gian materil sekitar puluhan juta ru­piah. Karena, seluruh barang berhar­ga dan pakaian sertalainnya, habis dilalap si jago merah.

Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Cimarga, Ikbaludin mengatakan, se­belum rumah Abdul Hikmat terba­kar, Masroh (34) yang merupakan istri dari Abdul Hikmat sempat men­cium bau kabel terbakar di bagian atas rumahnya.

Setelah bau kabel terbakar tercium semakin menyengat, tidak lama ke­mudian, terlihat kepulan asap diba­gian atap rumah tersebut. “Karena asap terlihat semakin mengepul, Ibu Masroh memberitahukan ke Pak Abdul Hikmat. Namun, setelah Pak Abdul Hikmat akan mencari tahu asal asap tersebut, ternyata berasal dari percikapan api dari kabel yang mulai membakar material dibagian atap rumah tersebut,” kata Ikbaludin kepada Satelit News, Jumat (24/11).

Katanya, kondisi rumah yang ham­pir 70 persen terbuat dari anyaman bambu, serta tiupan angin kencang, membuat kobaran api terus mem­besar dan cepat membakar rumah. Pada saat itu menurut Ikbal, warga sempat mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, tiupan angin dan material yang mu­dah terbakar, membuat api dengan cepat membakar semua isi dan ban­gunan rumah tersebut.

“Dalam hitungan sekitar satu setengah jam, rumah Pak Abdul Hik­mat musnah habis terbakar, serta rata dengan tanah. Akibat peristiwa ini, pihaknya sudah melaporkan ke pimpinan BPBD Lebak, untuk segera ditindaklanjuti terkait bantuan ke­daruratannya. Untuk sementara, korban diungsikan di rumah kera­batnya. Karena, rumahnya tak bisa ditempati lagi,” paparnya.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Kaprawi membenarkan ter­jadinya kebakaran yang memusnah­kan satu rumah milik warga Kampung Pasir Taplok, Cimarga itu. Pasca ter­jadinya kebakaran, kini pihak keluarga Abdul Hikmat diungsikan sementara di rumah kerabatnya. Namun, untuk memenuhi kebutuhan keluarga se­hari-hari, BPBD telah mendistribusi­kan berbagai jenis bantuan.

“Tim relawan BPBD sudah di­tugaskan untuk mendistribusikan berbagai jenis bantuan ke keluarga korban. Semoga, bantuan yang kita distribusikan dapat digunakan se­baik-baiknya,” ujar Kaprawi.

Ia juga mengaku, tak bosan-bosan­nya mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan­nya. Karena, memasuki musim kema­rau kali ini, sangat berpeluang besar timbulnya penyebab kebakaran.

“Terlebih angin terkadang ken­cang. Maka, berhati-hatilah,” tandas­nya. (mulyana/mardiana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.