Pemkot Tangerang Pertahankan Tradisi Anugerah Media Humas

KOTA TANGERANG,SNOL— Prestasi baru diraih Pemkot Tangerang di ajang tahunan insan kehumasan nasional An­ugerah Media Humas (AMH) 2017. Kali ini, pengelolaan media sosial (Medsos) Kota Tangerang diapresiasi di urutan kedua kategori Provinsi/ Kabu­paten/Kota, bersama dengan Si­aran Pers Humas tentang Festi­val Cisadane yang masuk enam besar perhelatan yang diadakan oleh Badan Koordinasi Kehu­masan Pemerintah (BAKOHU­MAS) Kementerian Kominfo RI.

Penghargaan yang diterima oleh Sekretaris Dinas Kominfo, Syamsul Bahri di Ballroom No­votel Palembang Kamis malam (23/11), merupakan kali kedua keikutsertaan Pemkot setelah tahun lalu menyandang Laporan Kinerja Humas Terbaik Nasional.

Kabag Humas dan Protokol Kota Tangerang Felix Mulyawan menyampaikan peraihan AMH tidak lepas dari kerjasama yang baik antara Bagian Humas dan Protokol Setda dengan Diskomin­fo Kota Tangerang.

“Tugas kehumasan dan pelayanan informasi kepada ma­syarakat di Pemkot Tangerang menjadi tanggung jawab dua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yaitu Bagian Humas di Sekretariat daerah dan Dinas Kominfo. AMH ini buah dari sinergitas dalam pelaksanaan tu­gas fungsi dua SKPD ini,” ujarnya.

Terpilihnya Pemkot Tangerang sebagai salah satu yang terbaik dalam pengelolaan media sosial di Indonesia tentunya bukan tanpa alasan. Ketua dewan juri kategori ini, Nukman Luthfie, pakar dan pemerhati sosial me­dia, menilai dalam pengelolaan sosial media Pemkot Tangerang telah memenuhi beberapa kri­teria yang telah ditetapkan. An­tara lain dilihat dari jumlah fol­lowers, etika dan estetika dalam pengemasan pesan yang didam­paikan, kesesuaian konten den­gan tema yang telah ditentukan oleh panitia dan report analytic interaksi media sosial tersebut.

“Sejauh ini, dari seluruh entry kategori media sosial, ada beberapa akun pemerintah (Kementerian/ Lembaga/ Instansi/ Pem­da) yang sudah dapat mengelola dengan baik dan ada yang jauh dari optimal”, papar Luthfie.

Pengelolaan media sosial pemerintah memang harus juga mengikuti perkembangan zaman dengan terus menyesuaikan dan memperhatikan target audience-nya. Sehingga pemanfaatan medsos dapat mendukung dan menjadi salah satu alat komuni­kasi yang efektif untuk menyam­paikan informasi pembangunan kepada masyarakat luas.

Sebagai informasi akun-akun medsos resmi Pemkot, yang dilombakan di AMH, baik itu facebook, twitter, instagram dan youtube, dikelola dengan serius oleh para admin masing-masing akun yang berbasis di Tangerang Live Room (TLR), pusat kendali pemerintahan berbasis smart city di Kota Tangerang, dengan mem­perhatikan ciri khas khusus masing-masing saluran media sosial dan pengemasan pesan.

“Saat ini pesan visual lebih cepat diterima masyarakat dan lebih menarik. Jadi kami utamakan pe­nyajian foto, video dan infografis. Dan tidak lupa caption yang lebih mengajak agar citra pemerintah yang dekat dengan masyarakat dapat tersampaikan melali med­sos,” jelas Syamsul setelah menerima penghargaan. (jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.