Zaki Posisi Pertama, Iskandar Mirsad Kedua

Riset Elektabilitas Oleh Alvara Research Center

CIKUPA, SNOL—Elektabilitas Ahmed Zaki Iskandar diakui sangat tinggi, disusul oleh mantan Sekda Iskandar Mirsad. Hal itu terungkap dalam kon­ferensi pers hasil riset yang digelar Al­vara Research Center, di kawasan Citra Raya, Kecamatan Cikupa, kemarin.

Peneliti Alvara Research Center Lili Purwandi mengatakan, Zaki sebagai sosok calon Bupati Tangerang dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) tahun 2018 mendatang memiliki elektabilitas di level teratas, ditandai dengan tingginya tingkat kepuasan publik yang menca­pai angka 98,3 persen. Disusul oleh Iskandar Mirsad dan Tomy Kurniawan.

“Hasil riset menyebutkan mayoritas publik merasa puas dengan kinerja Zaki, sehingga kedudukan Zaki di mata publik masih menduduki pada level teratas mencapai 98,3 persen,” kata Lili, kemarin.

Menurutnya, kepuasan itu be­dasarkan pencapaian sejumlah as­pek diantaranya pelayanan terhadap masyarakat, kesehatan, hingga pem­bangunan infrastruktur. “Bisa disim­pulkan kinerja Bupati Ahmed Zaki Is­kandar mendekati sempurna di mata publik,” katanya.

Ia mengklaim survei yang dilakukan lembaga risetnya itu kepada 802 re­sponden terpilih, dilakukan secara face to face atau tatap muka langsung pada rentang waktu 26 November hingga 3 Desember kemarin, hanya menyan­dang margin eror 3,4 persen dari ke­adaan sebenarnya di lapangan.

“Uji sampel dilakukan kepada selu­ruh kecamatan yang ada, sesuai dengan proporsi jumlah pemilih,” ujar Lilik.

Hasil riset ini menandakan, lang­kah Ahmed Zaki Iskandar untuk kem­bali mencalonkan diri sebagai Bupati Tangerang pada Pilkada tahun 2018 mendatang dipastikan berjalan mulus. Hingga saat ini belum ada satupun pi­hak yang dianggap sepadan melawan tingginya eletabilitas Zaki.

Meski begitu, kata dia, terdapat pula sejumlah aspek yang membuat tingkat kepuasan publik kepada Zaki mengal­ami penurunan, yakni pada aspek pe­nyediaan lapangan pekerjaan, di mana tingkat kepuasan publik hanya menca­pai 74,3 persen saja. Kemudian diikuti pada aspek pengentasan kemisnkinan dan penanganan sampah 79,7 persen.

“Ada beberapa aspek yang mengal­ami penurunan di mata publik, yakni mengenai penyediaan lapangan pe­kerjaan, pengentasan kemiskinan dan aspek penanganan sampah,” katanya.

Menurutnya, tingginya tingkat kepercayaan publik terhadap Zaki merupakan modal besar untuk bisa memenangkan Pilbup dalam meraih perolehan suara terbanyak di Pilkada serentak mendatang. Bahkan, tinggin­ya elektabilitas Zaki menutup peluang bagi tokoh lain untuk bersaing.

“Sosok petahana sangat kuat, se­hingga tokoh lain harus berhitung un­tuk maju sebagai pesaing patahana,” ujarnya.

Senada, peneliti Alvara Research Center Nurul huda mengatakan, selain melakukan riset mengenai elektabilitas Zaki Iskandar, pihaknya juga mencoba mencari tahu sosok lainnya, seperti mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Iskandar Mirsad dan Ketua DPRD Kabupaten Tangerang. (mg1/aditya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.