Gaet Pemilih Pemula, KPU Gelar Lomba Stand Up Comedy

KOTA SERANG, SNOL—Tingkat par­tisipasi pemilih pemula dinilai sangat mengkhawatirkan. Mesti ada bentuk sosialisasi yang dapat menyentuh segmentasi pemilih ini untuk terlibat aktif dalam per­helatan demokrasi baik di Pilkada serentak 2018 maupun pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 men­datang.

Hal itu yang mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menghelat Lomba Stand Up Comedy untuk siswa tingkat SLTA se Banten. Pesertanya meru­pakan perwakilan sekolah hadir dari delapan kabupaten dan kota di Banten. Ketua KPU Banten, Agus Supriyatna berharap acara tersebut dapat memantik keterli­batan pemilih pemula untuk ter­libat aktif dalam pemilu.

“Pemilih pemula ini variatif, ada yang jenuh, cuek tidak peduli den­gan pemilu. Makanya kita buat lomba stand up comedy untuk anak sekolah,” kata Agus ditemui di kantornya, Jalan Syeh Nawawi Al­bantani, Cipocok Jaya, Kota Serang, Rabu (13/12). Acara ini diikuti oleh 15 peserta dari perwakilan daerah masing-masing. Selain menampil peserta lomba, acara juga meng­hadirkan Komika Reza Pahlevi.

Selain menggelar lomba, di dalamnya KPU juga menyisipkan materi mengenai kepemiluan seb­agai bekal informasi agenda pemi­lu untuk Pilkada serentak 2018 dan Pileg juga Pilpres 2019 mendatang. “Supaya mereka mengetahui ka­pan dilaksanakan pemilu dan ter­libat aktif di dalamnya.”

Komisioner KPU Banten Di­visi Sosialisasi Enan Nadia men­gatakan Pilkada serentak akan digelar Rabu, 27 Juni 2018 men­datang. Ada empat wilayah di Banten yang akan melangsungkan hajat tersebut antara lain Kota Se­rang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kabupaten Lebak.

Sedangkan Pilpres dan Pileg 2019 akan berlangsung pada Rabu, 17 April 2019. “Jadi ka­lau sudah berusia 17 tahun atau pernah menikah sudah bisa memberikan hak suaranya,” kata Enan. Lebih lanjut, seban­yak 154 kabupaten dan kota di 17 provinisi se Indonesia akan menggelar Pilkada serentak 2018 mendatang. Ia berharap pemilih pemula dapat memberikan suar­anya. (bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.