Januari 2018, Seluruh Transportasi di Jabodetabek Pakai Satu Kartu

JAKARTA,SNOL Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan merealisasikan pembentukan Connexion Card untuk pembayaran tiket transportasi di Jabodetabek. Tiket elektronik ini akan mulai diberlakukan pada Januari 2018.

“Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan mengeluarkan Connexion Card. Ini adalah kartu elektronik yang menjadi standar tiket elektronik yang dikeluarkan oleh berbagai macam penerbit kartu (issuer). Kartu ini rencananya akan meng-cover seluruh modal transportasi umum di Jabodetabek,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Irjen Pol Budi Setiyadi dalam Jumpa Pers capaian kinerja Tahun 2017 dan Outlet Tahun 2018 Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (14/12).

Budi menjelaskan, pada fase uji coba, implementasi kartu diterapkan pada KRL dan Transjakarta. Kemudian, untuk jangka panjang, kartu elektronik ini berperan sebagai alat pembayaran seluruh moda, pembayaran tol, dan supermarket.

Dia menegaskan, kartu elektronik saat ini telah banyak digunakan dalam berbagai bidang, termasuk di sektor transportasi yang menjadi solusi pengganti tiket kertas. BPTJ, lanjutnya, melihat ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dari penggunaan kartu elektronik tersebut.

Salah satu di antaranya belum adanya standardisasi mengenai penggunaan kartu elektronik. Selain masalah standardisasi, juga didapatkan informasi mengenai kesulitan masyarakat dalam pembelian kartu, kesulitan dalam melakukan top up, dan terdapat transaksi yang double deduct (nilai saldo terpotong dua kali),” tambahnya.

Namun, katanya, ada tantangan dalam penerapan Connexion Card. Di antaranya, ada Kontrak Eksklusif antara Perbankan (sebagai penyedia sistem tiket elektronik) dengan Transjakarta baru berakhir pada 2018. Lalu, perlu dilakukan sosialisasi awal dengan operator-operator transportasi, perubahan kebijakan Holding KAI, dan perlu dibahas model kerja sama bisnis di antara operator.

“E-tiket ini akan digunakan pada 2018. Mudah-mudahan Januari sudah bisa diterapkan,” jelasnya.(ce1/sab/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.