IMM Dituntut Mampu Lahirkan Pemimpin Islam Baru

TANGERANG, SNOL—Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muham­madiyah Tangerang Asrori Mukhtarom berharap, Ikatan Mahasiswa Muham­madiyah (IMM) mampu melahirkan pemimpin Islam baru. Hal tersebut disampaikan pria bergelar doktor yang cukup mumpuni dalam sejarah Islam ini saat menjadi pembicara di Stadium General acara Musyawarah Komisariat IMM FAI UMT, Senin, (25/12).

Asrori menjelaskan, pemimpin Islam baru yang dibutuhkan terse­but adalah pemimpin yang mampu mencontoh kepemimpin yang nabi Muhammad SAW, yakni sidiq, ama­nah, tablig dan fathonah.

“Keteladanan sifat-sifat utama yang harus kita teladani adalah em­pat sifat rasul yang sangat mulia, yang harus ditiru dalam berkemimpinan baik pada diri sendiri maupun kepada orang lain,” jelas Asrori.

Menurut Asrori sifat sidiq yang dimil­iki Nabi Muhammad SA adalah beliau selalu memperlakukan orang dengan adil dan jujur. Beliau tidak hanya ber­bicara dengan kata-kata, tapi juga dengan perbuatan dan keteladanan.

Kemudian nabi dikenal memliki sifat amanah karena Rasulullah SAW dike­nal sangat memiliki kesiapan dalam memikul tanggung jawab. Bahkan ke­percayaan tidak hanya dari umat Islam saja tetapi juga dari orang lain.

Selanjutnya bersifat amanah, be­rarti Nabi Muhammad SAW saat me­nyampaikan semua perintah Tuhan tidak dikurang tidak pula ditambah berdasarkan wahyu yang ditulis dan dikumpul perlahan.

Sedangkan sifat tabligh merupak­an sifat rasul karena beliau dikenal sangat panjang akalnya dan cerdas sebagai pemimpin yang selalu ber­wibawa serta memiliki emosi yang stabil, tidak gampang berubah dalam dua keadaan.

“Nabi Muhammad SAW mampu menyelesaikan masalah dengan tangkas dan bijaksana. Sifat Pe­mimpin adalah cerdas dan men­getahui dengan jelas apa akar per­masalahan yang dia hadapi serta tindakan apa yang harus dia ambil untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada umat,” pungkasnya.

Salah seorang pengurus IMM FAI UMT Rizky Wijaya menjelaskan, ke­giatan ini dalam rangka menciptakan pemimpin baru di IMM FAI UMT. Diharapkan pemimpin baru yang la­hir tersebut mampu melaksanakan pesan organisasi IMM yang meru­pakan sayap Muhammadiyah untuk terus berdakwah. (hendra/aditya)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.