Antisipasi Macet, Bundaran Ditutup

Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Malam Tahun Baru

SERPONG, SNOL—Malam pergantian tahun baru 2018 segera tiba. Mengan­tisipasi kemacetan di jalan raya, ke­polisian melakukan rekayasa lalulin­tas di Tangerang pada Minggu, (31/12) malam mendatang.

Kasat Lantas Polres Tangsel AKP Lalu Hedwin mengatakan, ada sejumlah ruas jalan raya yang akan dilakukan rekayasa lalulintas di malam pergan­tian tahun baru. Antara lain di kawasan Froggy BSD. Srus lalulintas dari Foresta ke IEC dialihkan ke AEON mall dan ber­putar di Eminent / Simplicity. Kemu­dian arus lalulintas dari IEC ke Foresta dialihkan ke Simpang Megacourt.

Sedangkan untuk arus lalulintas di ruas jalan raya depan Teras Kota BSD Serpong, ruas dari arah Rawa Buntu menuju ITC BSD dialihkan di German Center ke arah Jalan Letnan Soetopo. “Arus dari BSD Plaza seluruhnya dialih­kan ke akses Jalan Letnan Soetopo,” ujar Lalu kepada Satelit News melalui pesan Whatssap, Jumat (29/12).

Ruas jalan lainnya yang akan di­rekayasa yakni di kawasan Alam Sutera. Bundaran Living World akan ditutup. Penutupan juga dilakukan di bunda­ran Sport Center. Kendaraan dapat berputar arah di komplek ruko-ruko di kawasan Alam Sutera. Penutupan juga dilakukan di bundaran Mall Sum­marecon Serpong dan simpang Ace Hardware. Penutupan ini akan dilaku­kan secara situasional, tergantung pada tingkat kepadatan arus kendaraan di masing-masing titik.

“Semua pelaksanaan pengalihan bersifat situasional, melihat situasi arus yang terjadi, diharapkan masyarakat tetap mematuhi rambu lalu lintas dan menggunakan perlengkapan ke­selamatan berkendara di malam tahun baru nanti,” imbuh Kasat.

Polres Tangsel di malam ta­hun baru nanti akan menerju­kan sekitar 1.200 personel ke­amanan, termasuk 109 personel lalu lintas yang akan disebar di seluruh titik-titik konsentrasi massa yang ada.

Di Kabupaten Tangerang, Sat­lantas Polresta Tangerang akan melakukan rekayasa jalan di Ci­tra Raya. Rencana pengamanan dan rekayasa lalu lintas akan diterapkan pada Minggu (31/12) dimulai pukul 19.00 WIB.

“Berdasarkan analisis dan evaluasi tahun sebelumnya, pada pukul 20.00 WIB masyara­kat sudah mulai ramai di lokasi Citra Raya,” terang Kasat Lantas Kompol Eko Bagus Riyadi, Ju­mat (29/12).

Eko mengungkapkan, pi­haknya akan menutup semua titik U Turn bundaran 1 – 5 dan serta rekayasa di gerbang pintu masuk kawasan Citra Raya. Tim antisipasi aksi balap liar juga di­siapkan.

“Untuk antisipasi kita se­diakan Parkir On Street di be­berapa titik sepanjang jalan utama Citra Raya serta pesiapan sarana prasarana (barrier besi, water block dan Traffic Cone) tambahan,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Eko, lokasi rekayasa alih arus atau penu­tupan di bundaran 3 Citra Raya mengarah ke Eco Plaza kurang lebih sepanjang 500 M. Bebera­pa kantung parkir yang ada juga disediakan di kawasan citra.

“Perlu sinergitas personil baik pemilik kawasan, dishub dan satpol pp serta koramil untuk pengamanan malam tahun baru ini,” tandasnya.

Di Kota Tangerang, akses ja­lan menuju bundaran Puspem­kot Tangerang akan ditutup pada malam tahun baru. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Saeful Rohman memprediksi kawasan Puspem­kot Tangerang akan dipadati pengunjung yang ingin meray­akan pergantian tahun baru. Menurutnya, hal itu dilakukan karena berkaca pada tahun-ta­hun sebelumnya.

“Nanti pada malam tahun baru jalan yang berada di bunda­ran Puspemkot Tangerang akan kami tutup,” ujarnya

Saeful akan mengerahkan 120 personel petugas Dishub Kota Tangerang untuk mengatur lalu lintas di lokasi Puspemkot Tangerang. “Nantinya 120 petu­gas akan berjaga-jaga untuk men­gurai kemacetan di wilayah itu,” ungkapnya. (jarkasih/gatot)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.