Pencuri Tali Pocong Bongkar Makam

CIPUTAT,SNOL— Kuburan Hendra alias Capung yang baru berusia satu hari, di Jalan Taman Aba­di, RT 02/03 Kelurahan Sawah Lama Kecamatan Ciputat, di­bongkar oleh orang tak dikenal. Almarhum yang samasa hidup­nya berprofesi sebagai pekerja serabutan itu baru dimakamkan pada Kamis (28/12), namun ada yang membongkar pada Jumat (29/12) pagi sekitar pukul 07.00 Wib. Tak hanya itu, tali pocong dan batu nisan turut raib.

Kejadian bermula saat salah seorang warga datang ke tempat pemakaman itu untuk berziara ke makam keluarganya. Ketika melintasi makam Hendra, Ibu Rumah Tangga itu terkejut meli­hat tanah makam Hendra dalam kondisi sudah berlubang, ter­bongkar dan berantakan.

Saat diperiksa, kain kafan yang membungkus jenazah Hendra terlihat jelas dan utuh di liang la­hat. Hanya saja, ada tali pocong serta batu nisan yang hilang di­duga dibawa lari pencuri.

Informasi hilangnya tali po­cong dan batu nisan jenazah Hendra dibenarkan oleh anak perempuan almarhum, Ajeng (23). Dia terkejut ketika mendap­at kabar dari ibunya jika makam ayahnya terbongkar.

“Saya dikasih tahu mamah kalau kuburan ayah ada yang bongkar, maka nya ke sini. Tadi dipanggil (polisi) karena ditanyai masalah tali pocongnya aja,” tuturnya.

Makam ayahnya itu baru dike­tahui keluarganya sudah dalam kondisi terbongkar pada pagi hari. Ketika itu, kerabat Hendra berencana mengunjungi makam pria yang sehari-hari bekerja se­bagai buruh serabutan itu. “Per­tama kali ditemukan terbongkar oleh penjaga makam. Saat itu mau antar orang yang mau ziarah ke makam ayah,” ujarnya.

Ajeng bercerita, ayahnya itu meninggal dunia dan dimakam­kan pada Kamis (28/12/2017). “Meninggal karena sakit,” ucap­nya.

Kapolsek Ciputat Kompol Donni mengatakan, pihaknya tengah menyelidiki kasus ter­bongkarnya makam Hendra Capung. Sejumlah warga sekitar makam telah dimintai keterangan oleh petugas. “Kita baru terima kabarnya jam 7.00 WIB, anggota kami langsung kesini, dan kita masih mencari keterangan para saksi lain,” jelasnya.

Kasat Reskrim Polres Tangerang Selatan, AKP Alexan­der belum dapat memberikan keterangan lebih jauh menge­nai hal tersebut. Dia mengaku timnya masih melakukan pe­nyelidikan atas kasus tersebut. “Penyelidikan masih berlang­sung, “Masih kita klarifikasi, ke pihak yang mengurusi masalah pemakaman,” tandasnya

Kini, makam Hendra yang di­bongkar orang tak dikenal telah ditimbun kembali dengan tanah oleh warga sekitar. Sementara, warga sekitar mengenal almar­hum sebagai sosok yang ulet. Dia setiap hari di makam, terka­dang jaga parkiran dan bersih-bersih musala makam. Hendra diketahui tak memiliki peker­jaan tetap. (jarkasih)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.