Petugas Berjibaku Bersihkan Sampah

SERPONG,SNOL— Malam pesta me­nyambut tahun baru 2018 menyisakan sampah berserakan. Kondisi itu mem­buat para petugas kebersihan berjibaku membersihkan sampah hampir di se­mua titik keramaian di Kota Tangerang Selatan, Senin (01/1). Sejak pagi buta mereka sudah menyapu bersih sampah yang berserakan.

Berbagai jenis sampah berserakan di sejumlah lokasi di Kawasan Bumi Ser­pong Damai (BSD) Serpong. Mulai botol bekas minuman, plastik bekas bungkus makanan, bekas kembang api, hingga terompet berserakan di kawasan terse­but. Sampah terlihat ketika pengunjung mulai meninggalkan sejumlah titik yang menjadi tempat untuk merayakan pesta malam pergantian tahun.

Minimnya sarana tempat pembuangan sampah dijadikan alasan warga mem­buang sampah sembarangan. Seorang petugas kebersihan mengatakan mem­bersihkan sampah di sejumlah lokasi di Bumi Serpong Damai ini membutuhkan waktu kurang lebih empat jam.

‘’Sampah tahun ini tidak seperti bi­asanya lebih banyak dari pada malam takbiran malahan, bisa-bisa sampai empat jam untuk membersihkannya,” ucap petugas yang enggan disebutkan namanya itu, Senin (01/1) pagi.

Sampah-sampah yang sudah terkum­pul akan segera dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang.

Sampah berserakan juga terlihat di kawasan sepanjang Jalan Raya Serpong. Sejumlah tukang sapu jalan tampak sibuk berjibaku membersihkannya.

Sampah yang berserakan bukan hanya yang berasal dari para pedagang kaki lima yang membuka lapak di Pasar Serpong saja namun banyak juga yang berasal dari masyarakat yang habis mer­ayakan malam pergantian tahun baru.

“Ini ada terompet, bekas makanan dan minuman dan berbagai atribut tahun baru. Kebanyakan ini berasal dari warga yang memeriahkan malam tahun baru,” tutur Nuryani, salah satu petugas kebersihan.

Volume sampah yang dibersihkan­nya pada Senin kemarin diakui lebih banyak dibanding hari-hari biasanya. Karenanya, dia bersama petugas ke­bersihan lainnya sudah sejak pagi buta berangkat dari rumahnya untuk mem­bersihkan sampah-sampah tersebut. “Dari subuh kami sudah bergerak, biar paginya jalanan dan area lainnya sudah bersih,” tukasnya. (jarkasih)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.