Tiga Wilayah Berpotensi Calon Tunggal

KOTA SERANG, SNOL--Komisioner KPU Banten Syaiful Bahri mengatakan tiga wilayah di Provinsi Banten berpotensi menghasilkan calon tunggal. Ketiga wilayah itu diantaranya Kota Tang­gerang, Kabupaten Tanggerang dan Kabupaten Lebak.

Sebab tiga wilayah tersebut su­dah terlihat banyaknya partai politik yang mendeklarasikan dukungan ke­pada calon petahana.

“Semua pimpinan parpol di Kota Tangerang mendukung calon in­cumben, termasuk di Kabupaten Tangerang bupati Zaki dan calon wakilnya Romli sudah didukung semua parpol,” ujarnya, akhir pekan lalu.

Untuk di Pilkada Lebak, saat ini KPU sedang menunggu putusan dari Panwaslu terkait adanya gugatan dari pasangan bakal calon indepen­den. Bilamana gugatan tidak diteri­ma, maka pesta demokrasi di tanah Multatuli terancam hanya pasangan Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi yang maju.

“Di Lebak kalau putusan Panwaslu dilaksanakan oleh KPU, kemudian diterima oleh Panwaslu terkait seng­keta perseorangan. Maka, Lebak juga calon tunggal. Sehingga, dari empat kabupaten kota yang akan menye­lenggara pilkada, tiga daerah berpo­tensi calon tunggal,” ujarnya.

Meskipun berpotensi calon tung­gal, KPU di tiga daerah tersebut akan memperpanjang masa pendaftatan selama tiga hari, dan terus melaku­kan sosialisasi guna menghindari calon tunggal. “Jika sudah dilakukan perpanjangan tidak ada calon lain yang mendaftar. Maka, peraturan KPU yang mengatur calon tunggal berlaku,” ujarnya.

Untuk diketahui, di Pilkada Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Sachrudin yang sudah memenuhi syarat kursi dukungan dari jalur par­pol. Di Pilkada Kabupaten Tangerang pasangan Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli juga dipastikan maju. Kemu­dian di Kabupaten Tangerang calon petahana Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi sudah didukung hampir semua partai yakni Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, Ha­nura, PKB, Gerindra, PDIP. (bnn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.