Pemohon KTP el Antre Berjam-jam

KOTASERANG, SNOLMemasuki hari kedua di tahun 2018, pemo­hon KTP elektronik (KTP el) dan Kartu Keluarga di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang, Rabu (3/1) membludak. Terli­hat puluhan warga Kota Serang berdesakan di loket pendaftaran KK, KTP dan Akte. Sejak dibuka pukul 08.00 WIB pagi hingga pukul 13.34 WIB puluhan warga masih juga mengantre.

Opan warga Cipocok Jaya, Kota Serang mengeluhkan kon­disi pelayanan di Disdukcapil Kota Serang. Dia mengaku da­tang pagi sekitar pukul 09.00 WIB pagi, namun ruang tunggu sudah sangat padat, akhirnya ia terpaksa mengantre lebih lama di ruang tunggu.

“Saya kira supaya tidak sampai membludak begini, harusnya ada petugas di luar ruangan yang mengatur. Kemudian menambah pintu loket pelayanan. Jadi warga yang mengantri juga lebih teratur dan tertib. Tapi ini kelihatannya berantakan.

Saya kasihan terhadap warga yang jauh datang ke sini tapi harus mengantre lebih lama lagi,” ujarnya dikutip dari Bantennews.co.id

Sementara Kepala Disduk­capil Kota Serang, Ipiyanto tidak bisa berbuat banyak atas mem­bludaknya para pemohon KTP, KK dan akte. Ia mengklaim sudah berbuat maksimal memberikan pelayanan administrasi kepen­dudukan pada masyarakat.

“Saat ini kami hanya memiliki satu alat percetakan yang ber­fungsi dari empat alat yag kami punya. Yang tiga rusak berat sudah kami laporkan ke kemen­terian untuk diperbaiki segera, namun satu yang rusak ringan sedang diperbaiki,” ucapnya.

Selain itu, faktor yang me­nyebabkan proses administrasi kependudukan lama, kata dia, lantaran ada permasalahan di kementerian. Jadi berdampak pada Disdukcapil yang berada di daerah-daerah termasuk di Kota Serang. “Untuk itu kami mohon pada warga juga agar memaha­mi persoalan yang ada di kantor kami. Terkadang kalau sedang ramai, jaringan juga jadi lemot,” ujarnya. (bnn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.