Angka Urbanisasi Diperkirakan 10 Ribu

CILEGON, SNOL – Dinas Kepen­dudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Kota Cilegon memprediksi arus urbanisasi pasca libur panjang na­tal dan tahun baru 2018. Kemung­kinan, arus urbanisasi ke Kota Cilegon mencapai angka 10 ribu jiwa. Hal itu disebabkan faktor tingginya keinginan masyarakat yang ingin mengadu nasib di Kota Industri Cilegon.

“Kita memprediksi bakal ter­jadi kepadatan penduduk ke Kota Cilegon sekitar 10.000 pen­duduk. Penduduk baru ini ingin menjajal nasibnya di kota yang disebut kota penghasil dolar ini,” kata Kepala DKCS Kota Cilegon, Soleh melalui sambungan se­luler, kemarin.

Soleh mengakui, jika arus ur­banisasi memang sulit dibend­ung selama sektor pendorong­nya belum dapat diatasi. Sebab, pembangunan dan fasilitas kehidupan di kota lebih lebih beragam bila dibandingkan di pedesaan. Fasilitas yang dimak­sud meliputi pelayanan keseha­tan, pendidikan, hiburan hingga lapangan pekerjaan.

“Salah satu pemicu tingginya arus urbanisasi dari desa ke kota ini, masyarakat justru terdorong mendatangi lokasi-lokasi yang menjadi pusat konsentrasi segala fasilitas kehidupan,” urai Soleh.

Ia menjelaskan, pada semes­ter I di 2017 total warga Kota Cilegon sebanyak 404.426 jiwa, sementara untuk mengetahui adanya lonjakan penduduk di 2018 akan terlihat di pertengga­han Januari mendatang. “Untuk membandingkan pertambahaan penduduk di 2018 akan terlihat di pertenggahan Januari 2018 yang dikeluarkan langsung oleh Dukcapil Kementrian Dalam Negeri,” terang Soleh.

Sementara, Seketaris DKCS Kota Cilegon, Hayati Nufus memaparkan, pada lonjakan penduduk di 2017 lalu yang melakukan pembuatan Permo­honan Surat Keterangan Pindah Datang sebanyak 3.471 orang, sementara yang membuat Surat Keterangan Pindah sebanyak 3.383 orang.

“Per tanggal 1 hingga 4 Januari 2018 saja, yang sudah melaku­kan pembuatan SKPD di Dis­dukcapil mencapai 135 orang. Sedangkan untuk SKT mencapai 17 orang,” papar Hayati. Sekadar diketaui, sepanjang kurun wak­tu 2017, mulai Januari hingga Desember, untuk Kartu Keluarga (KK) 15.252.(eua/eky/bnn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.