Dua Ruko Sembako Ludes Terbakar

Diduga Akibat Konsleting Listrik, Kerugian Ditaksir Capai Puluhan Juta

MALINGPING,SNOL–Dua ruko milik Eneng (40), warga Jalan Baru, Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, ludes dilalap si jago merah, sekitar pukul 21.00 WIB, akhir pekan lalu. Tak ada korban jiwa dalam musibah ini. Hanya saja, akibat keba­karan yang diduga akibat konsleting listrik tersebut, pemiliknya mengalami kerugian sekitar puluhan juta rupiah.

Informasi yang berhasil dihimpun dari warga setempat, api yang berkobar be­gitu cepat melalap ruko tersebut. Seorang warga, Hasdi mengatakan, dua ruko mi­lik Eneng (40) tersebut menjual sembako dan tabung gas elpiji. Kebakaran terjadi, diduga akibat konsleting listrik.

Saat kejadian, sejumlah warga beru­saha memadamkan api dengan pera­latan seadanya, dibantu satu unit mobil tangki air bersih yang berusaha mem­adamkan api. Namun, di dalam ruko tersebut terdapat puluhan tagus gas elpiji, sehingga kobaran api terus mem­besar dan membakar semua isi ruko dan bangunannya.

“Kalau ruko tempat sembako sudah habis semua terbakar. Karena, sempat ada ledakan juga, yang diduga ledakan tabung gas elpiji. Dilokasi cuma ada satu unit mobil tangki air bersih, yang berupaya melakukan pemadaman api. Warga juga takut, kalau membantu me­madamkan apinya. Karena, di dalam ruko ada banyak tabung gas elpiji,” ujar Hasdi, melalui telepon selulernya, Sab­tu (6/1) lalu.

Sementara, petugas pelaksana Dam­kar Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, setelah menerima laporan kejadian kebakaran terse­but, beserta anggota lainnya langsung menuju lokasi.

Namun, karena jarak tempuh cukup jauh, akhirnya petugas juga tak bisa menghalau kobaran api yang terus membesar, bahkan hingga menghabis­kan dua ruko dan isinya. “Kami terk­endala jarak. Sehingga, saat kejadian api dengan cepat membakar semua isi bangunan. Kami dilokasi hanya beru­saha meminimalisir dan melokalisir api, agar tidak terus meluas membakar yang lainnya,” tandas seorang petugas Damkar, Anong. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.