Optimis Lawan Kotak Kosong

Arief dan Zaki Borong Parpol

TANGERANG, SNOL—Pilkada di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang 2018 bakal menjadi sejarah baru. Untuk pertama kalinya, dua dae­rah bertetangga ini bakal menggelar pilkada yang hanya dii­kuti satu pasangan calon, alias melawan kotak kosong.

Di Kota Tangerang, incumbent pasangan Arief Wisman­syah-Sachrudin bahkan sudah mengantongi rekomendasi 10 partai politik. Artinya, tidak ada lawan dari parpol lain yang akan menantang pet­ahan ini.

Sebelumnya lima partai politik yakni Partai Nas­Dem, Partai Amanat Nasonal, Partai Demokrat, Partai Ger­indra dan Partai Keadilan Se­jahtera telah mengeluarkan SK rekomendasi sejak hari Se­lasa (2/1/2018) hingga Kamis (4/1/2018) untuk Arief-Sachrudin. Jelang akhir pekan kema­rin, lima partai politik kembali mengeluarkan SK Rekomendasi. Kelima partai politik itu yakni Par­tai Golkar, PKB, PPP, PDI Perjuangan dan Hanura. Dengan begitu, petahana telah mendapatkan du­kungan dari seluruh partai politik.

Untuk Partai Golkar, SK Rekomendasi diserah­kan oleh ketua Umum Partai Golkar Air­langga Hartanto dalam acara Penyera­ han Surat Keputusan DPP Partai Golkar Kepada Pasangan Calon Kepala Daerah Yang Diusung Partai Golkar pada Pilkada 2018 di Jakarta hari Jumat (5/1/2018). Hadir dalam acara tersebut pa­sangan Arief R Wismansyah-Sachrudin.

Sementara untuk SK Reko­mendasi dari PKB diterima oleh pasangan Arief-Sachrudin dari Ketua Umum PKB Muhaimin Is­kandar dalam acara Akpolbang PKB dan Penyerahan Mandat Politik PKB untuk Calon Waliko­ta/Wakil Walikota Pilkada 2018 di Jakarta, Jumat (5/1).

Sedangkan untuk SK Reko­mendasi dari PPP, PDI Perjuan­gan dan Hanura telah diterima dari Pimpinan Partai masing-masing dan diterima oleh Bakal Calon Walikota dan Wakil Wa­likota Tangerang, Arief – Sach­rudin.

Arief R Wismansyah men­gatakan, meski telah mengan­tongi SK Rekomendasi dari se­luruh Parpol namun pihaknya akan terus dan memperkuat komunikasi. Harapannya yakni bisa melakukan sinergi dalam pembangunan Kota Tangerang. “Walaupun ban­yak parpol yang memberikan dukungan, saya tetap menga­jak seluruh pihak untuk serta membangun Kota Tangerang. Sebab, tantangan terutama ke­butuhan masyarakat semakin meningkat maka harus ditun­jang dengan pelayanan yang sempurna oleh pemerintah,” katanya.

Ketua Tim Pemenangan Ari­ef-Sachrudin Asep Feri Bastian mengatakan, kepastian pasan­gan Arief-Sachrudin maju kem­bali sudah direstui mulai dari pengurus partai tingkat kota sampai pengurus pusat. Ke de­pan, menurutnya, pasangan tunggal ini akan mengkampa­nyekan agar warga tetap men­dukung pasangan Arief-Sach­rudin. “Prinsipnya kita maunya ada lawan, atau bentuk kotak kosong sama calon tunggal sama saja. Kita sama-sama me­miliki lawan,” paparnya.

Rencananya, Asep melan­jutkan, seluruh partai akan melakukan deklarasi di Jalan Ahmad Yani, Kota Tangerang pada Rabu (10/1). Usai deklar­asi, pasangan Arief-Sachrudin akan mendaftarkan diri ke kan­tor KPU Kota Tangerang.

Seperti di pilkada Kota Tangerang, pilkada Kabupaten Tangerang juga akan diikuti satu pasangan calon, yakni pasangan petahana Ahmed Zaki Iskan­dar-Mad Romli (Ombi). Nyaris semua parpol sudah mereko­mendasikan pasangan ini.

Ketua DPC PBB Kabupaten Tangerang Kamil Herdian men­gatakan, meski akan melawan kotak kosong, pihaknya optimis pasangan Zaki Iskandar-Mad Romli akan memenangkan pilkada nanti. “Kami optimis Pak Zaki dan Pak Ombi bisa menang meski melawang bum­bung kosong atau kotak kosong dalam Pilbup tahun ini,” ung­kapnya kepada Satelit News, ke­marin.

“Kami pun siap menggerakan mesin partai guna memuluskan pasangan calon tersebut. Menu­rutnya, program yang diusung Zaki Iskandar dengan jargon Tangerang Gemilang sangat baik dan perlu dilanjutkan. Ini momen politik yang baik menu­rut saya,” tandasnya. Saat ini PBB memiliki 1 kursi di DPRD.

Pasangan Zaki Iskandar-Mad Romli dipastikan akan meng­gelar deklarasi pada tanggal 10 Januari 2018 nanti. Usai deklar­asi, ini rencanaya akan langsung mendaftar ke KPU Kabupaten Tangerang. Kepastian terse­but didapat usai digelar Rapat Koordinasi Persiapan Deklarasi/Persiapan Pendaftaran ke KPU yang dihadiri para pimpinan 12 parpol pengusung di salah satu rumah makan kawasan The Brezze BSD Serpong, Minggu, (7/1).

Sekretaris DPD II Golkar Ka­bupaten Tangerang Ahmad Jaini menjelaskan, pada acara tersebut ke 12 pimpinan Par­pol yakni partai Golkar, PDIP, PPP, Demokrat, Gerindra, Nas­dem, PAN, PKB, Hanura, PKS, PBB dan PKPI sepakat dan solid untuk mengusung sekaligus memenangkan Zaki dan Ombi pada Pilkada 2018 nanti. “Pada rapat kemarin kami juga sedikit membahas tentang strategi un­tuk memenangkan Pak Zaki dan Ombi,” jelas Jaini saat dihubungi Satelit News, Minggu, (7/1).

Jaini menambahkan, meski kemungkinan besar pasan­gan Zaki-Ombi akan menjadi calon tunggal, namun pihaknya akan tetap maksimal untuk memenangkan jagoannya itu. “Kami tidak hanya sekadar in­gin menang, namun kami ingin mengajak seluruh warga Kabu­paten Tangerang untuk berper­an aktif dalam Pilkada Kabupat­en Tangerang ini,” jelasnya.

Terpisah, DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Ka­bupaten Tangerang memasti­kan mengusung Ahmed Zaki Iskandar dan Mad Romli. “Iya rekomendasi dari pusat sudah kami terima dan isinya mendu­kung Calon Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Calon Wakil Bupati Tangerang Mad Romli dalam Pilbup atai Pilkada tahun ini,” kata Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Tangerang Rijcki Gilang Sumantri kepada Satelit News, kemarin.

Menurutnya, pihaknya tetap mengikuti keputusan pusat, meski yang diusung berasal dari Partai Golkar. “Ya apapun keputusan dari DPP kami patuh. Rekomendasi dari pusat keluar awal bulan ini,” imbuhnya, sera­ya menyebut Gerindra memiliki lima kursi di DPRD.

Sekretaris DPC Partai Gerin­dra Kabupaten Tangerang Imam Turmuji menambahkan, sebe­lumnya Gerindra sudah masuk dalam koalisi partai yang men­gusung Ahmed Zaki Iskandar pada Pilbup periode 2013-2018. Kini, Gerindra masuk dalam partai koalisi yang mengusung Ahmed Zaki Iskandar dan Mad Romli pada Pilbup 2018-2023. “Kami siap menjalankan kepu­tusan partai untuk mengusung incumbent kembali maju di Pil­bup periode 2018-2023,” imbuh­nya. (made/aditya/hendra/gatot)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.