Pembebasan Lahan JLU Kembali Disorot

DPU-TR Diminta Selesaikan RPJMD

CILEGON, SNOL – Pelaksanaan pembebasan lahan Jalan Lingkar Utara (JLU) kembali disorot oleh Komisi I DPRD Kota Cilegon. Pasalnya, legislatif menilai, Di­nas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) Kota Cilegon terlihat santai terkait rencana pembabasan lahan.

“Sampai saat ini saja, keseriu­san dari pihak DPU-TR pada program pembebasan lahan JLU masih simpang siur. Sekarang apa progress yang sudah dilaku­kan oleh pihak PU pada pem­bebasan lahan tersebut. Jangan sampai molor lagi sehingga pro­gram prioritas ini pun menjadi mundur,” kata Anggota Komisi I DPRD Kota CiIegon, Baihaiki Sulaiman usai rapat dengar pendapat atau hearing dengan DPU-TR, Senin (8/1).

Ia menambahkan, pada 2018 ini, pihaknya ingin mengetahui sejauh mana progres yang sudah dilakukan oleh pihak DPU-TR dalam menyelesaikan pembe­basan lahan JLU. Bahkan, dirin­ya juga meminta agar program prioritas pembangunan ini bisa terselesaikan dengan baik.

“Jangan sampai terkendala lagi seperti tahun lalu. Kita lihat saja tahun lalu karena tidak adanya keseriusan dalam pembebasan lahan ini, anggaran yang tadin­ya sudah kita keluarkan sebe­sar Rp115 miliar menjadi tak terserap karena pembebasan lahan tidak dilakukan di 2017. Akhirnya anggaran yang sudah dianggarkan untuk pembebasan lahan menjadi mubazir,” imbuh Baihaki.

Dirinya meminta, supaya DPU-TR Kota Cilegon bisa mere­alisasikan program yang sudah tertuang dalam Rencana Pem­bangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). “Saya ingin di 2018 ini, PU bisa menyelesaikan pembebasan lahan. Kan dalam rencana sebelumnya, di Mei 2018 akan dilakukan pembe­basan lahan, yah musti dilaku­kan di bulan itu jangan molor lagi kaya tahun sebelumnya,” tukas Baihaki.

Sementara, Seketaris DPU-TR Kota Cilegon, Muhammad Ridwan mengaku, saat ini rencana pem­bebasan lahan sudah dalam tahap perencanaan dan diklaim tidak molor seperti tahun lalu.

“Saat ini sudah masuk dalam tahap pelaksanaan. Semua ber­kas yang dibutuhkan pun sudah kita berikan ke BPN (Badan Per­tanahan) Kota Cilegon untuk selanjutnya mereka lakukan pengukuran pada pembebasan lahan JLU tersebut,” ucap Rid­wan.(eua/eky/bnn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.