117 Kios Terbakar Habis

Terjadi di Pasar Ciruas Kab Serang

KAB SERANG, SNOL—Sekitar 117 kios di Pasar Ciruas, Jalan Raya Serang – Jakarta Km 5, Kabupaten Serang, terbakar habis pada Rabu (10/1) sekitar pukul 02.00 WIB. Kebakaran diduga dari gas yang bocor dari kios bakso.

Bangunan kios yang dikelola atas nama  Hariri mengalami rusak berat, sementara bangunan yang dikelola Widodo dan Jali mengalami rusak ringan. “Kebakaran diduga dari gas yang bocor dari kios bakso,” terang , Kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukma Kusuma, kemarin.

Nana menyebutkan, kronologi kebakaran ini sekitar jam 02.00 WIB Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Serang menerima laporan dari anggota Damkar Kota Serang melalui radio bahwa telah terjadi kebakaran di Pasar Ciruas. Laporan tersebut langsung disampaikan kepada Regu Damkar yang sedang bertugas. Sekitar jam 02.10 WIB 1 Regu Pemadam Kebakaran dan 2 orang personel Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Serang diberangkatkan ke lokasi kejadian dengan menggunakan 1 unit waterpump dan 1 unit watersupply dengan masing-masing kapasitas 5000 liter.

Nana menyatakan, berdasarkan permintaan Danru II Damkar Kabupaten Serang  yang melaksanakan penanganan di lokasi kejadian, pukul 02.35 WIB Pemadam Kebakaran mengerahkan kembali 1 unit kendaraan watersupply dan 1 unit kendaraan waterpump masing-masing kapasitas 5.000 liter. Selanjutnya pukul 02.51 WIB Pemadam Kebakaran Kabupaten Serang kembali meluncurkan 1 unit kendaraan waterSupply ke lokasi kejadian.

Kemudian 03.02 WIB Pusdalops PB Mengerahkan kembali 1 unit Ranger dan 2 orang personel untuk membantu penanganganan dan assesment di lokasi kebakaran. Total personel Pusdalops – PB di lapangan 4 Orang. Jam 05.19 WIB api berhasil dipadamkan dan petugas langsung melakukan pendinginan agar api tidak menyala kembali. Jam 05.44 WIB api kembali menyala. Jam 08.02 WIB pemadam kebakaran Kabupaten Serang masih melakukan proses penanganan. “Petugas Pemadam Kebakaran dan unsur terkait yang berada dilokasi kejadian  melakukan proses penanganan,” ujarnya.

Wis Sementara, berdasarkan keterangan warga Kubangawan, Ciruas, Wisnu mengatakan bahwa api begitu besar membakar hampir semua bagian depan pasar. Warga yang bersiap membuka dagangan kocar-kacir berupaya memadamkan api. “Apinya gede banget,” kata Wisnu, Rabu (10/1) dini hari. Berdasarkan laporan Pusdalops PB BPBD Kabupaten Serang, petugas mengalami kendala dalam upaya menangani kebakaran tersebut. Kendala yang dihadapi di antaranya sulitnya mendapatkan pasokan air dalam melakukan upaya pemadaman dan sebagian bangunan yang terbakar sulit dijangkau oleh petugas yang melakukan upaya pemadaman.

Petugas yang turun dalam mengatasi kebakaran ini di antaranya berasal dari Damkar Kabupaten Serang, Damkar Kota Serang, Tagana Kabupaten Serang, Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Serang, 5 Unit Mobil Pemadam Kebakaran Kabupaten Serang, dan 5 Unit Mobil Pemadam Kebakaran Kota Serang. (sidik/made)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.