Ratusan Botol Miras Disita Anggota Polsek Cibadak

Pelaku Diancam Sanksi Pidana

CIBADAK,SNOL–Jajaran anggota Polsek Cibadak, kembali menggelar operasi Cipta Kondisi (Cipkon) di wilayah hukum Polsek setempat, sekitar pu­kul 10.30 WIB, Kamis (11/1). Alhasil, sebanyak 110 botol Miras berbagai merk berhasil disita. Kegiatan terse­but, sebagai upaya untuk memberi­kan kenyamanan dan meminimalisir tindak kriminal di wilayah tersebut.

Kapolsek Cibadak, Ajun Komisa­ris Polisi (AKP) Ugum Taryana men­gatakan, selain kegiatan rutin yang akan dilakukan Polsek Cibadak, pe­nyitaan ratusan botol miras berbagai merk itu, merupakan tindak lanjut dari laporan warga yang kerap diresahkan dengan keberadaannya.

“Ada sekitar 7 dus botol Miras yang berhasil kami sita, dengan jumlah 110 botol. Barang itu kami sita dari salah satu pedagang, di Kampung Kaduagung, Desa Kaduagung Timur, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak,” kata AKP Ugum kepada Satelit News, melalui telepon se­lulernya, Kamis (11/1).

Katanya, kegiatan ini akan terus dilakukan. Pasalnya, dampak yang ditimbulkan dari miras tersebut su­dah sangat meresahkan, serta dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan jiwa manusia. Oleh kare­na itu, Cipkon di wilayah hukum Pol­sek Cibadak akan terus dilakukan, hingga tidak ada lagi kios atau peda­gang yang menjajakan miras.

“Secara rutin, kami akan awasi kios atau pedagang yang menjajakan minuman beralkohol tersebut,” tam­bahnya.

Disingung soal tindakan tegas dari pi­hak Polsek, agar memberikan efek jera terhadap pelaku, AKP Ugum mengaku, untuk sementara hanya memberikan sanksi teguran keras terhadap pelaku. “Untuk sementara, kita tegur secara keras. Tapi, jika kemudian hari peda­gang tersebut kembali menjual miras. Maka, kita tidak segansegan memberi­kan sanksi tindak pidana,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Lebak, Komisaris Polisi (Kompol) Andi Suwandi menam­bahkan, selain Polsek Kota Rangkas­bitung yang setiap Sabtu dan Minggu menggelar operasi Cipkon. Kegiatan Cipkon juga diikuti Polsek lainnya.

Karena menurutnya, untuk Miras tidak hanya dijual bebas di wilayah hukum Polsek Kota Rangkasbitung, melainkan menyebar disejumlah daerah. “Kami tidak akan memberi­kan ruang kepada pelaku usaha yang menjajakan minuman terlarang. Benar, kita akan terus lakukan Cip­kon, baik di wilayah kota maupun di daerah yang dianggap rentan penye­baran penjualan Miras,” imbuhnya. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.