Belum Ada Kandidat Mendaftar Lagi

Meski Ada Perpanjangan Tahapan Pendaftaran Balon Kada/Wakil Kada

TANGERANG, SNOL–Hari kedua perpan­jangan pendaftaran, belum ada calon yang mendaftarkan diri untuk menant­ang Arief R Wismansyah-Sachrudin. “Hingga siang masih belum ada. Be­sok akan kita buka hingga pukul 16.00 WIB,” kata Komisioner KPU Tangerang, Banani Bahrul, Senin (15/1).

Sebelum membuka perpanjangan pendaftaran, KPU juga telah melaku­kan sosialisasi selama tiga hari. Sosial­isasi itu dilakukan sejak 11 Januari lalu. Pada masa pendaftaran yang dibuka 8 hingga 10 Januari lalu, baru satu pas­ang calon yang mendaftar untuk ikut Pilwalkot Tangerang. Mereka adalah Arief R Wismansyah dan Sachrudin.

Pasangan itu merupakan petaha­na. Dalam Pilwalkot Tangerang 2018 keduanya didukung oleh 10 partai politik dan dua partai non parlemen. KPU Kota Tangerang juga sudah melakukan tes kesehatan terhadap Arief dan Sachrudin. Hasilnya akan diumumkan pada 17 dan 18 Januari mendatang. “Tes kesehatan sudah di­lakukan. Tapi penyampaian hasilnya tanggal 17 dan 18 nanti,” pungkasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemili­han Umum (KPU) Kota Tangerang menunda tahapan Pemilihan Wa­likota dan Wakil Walikota Tangerang Tahun 2018. Hal ini dilakukan KPU Kota Tangerang lantaran adanya ke­tentuan Pasal 3 dan 4 PKPU 14 Tahun 2015 yang merujuk pada Putusan MK Nomor 100/PUU-XIII/2015 tang­gal 29 September 2015. Tak cuma di Kota Tangerang, KPU Kabupaten Tangerang dan KPU Kabupaten Leb­ak juga melakukan hal sama.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi mengatakan, pihaknya memastikan bahwa penundaan tahapan pencalo­nan juga merujuk pada Surat Edaran KPU Republik Indoenesia Nomor 38/PL.03.2-SD/06/KPU/1/2018 ten­tang Tahapan Pencalonan Dengan 1 Pasangan Calon yang Mendaftar.

“Dalam surat itu, KPU Republik In­donesia memerintahkan agar Kabu­paten/Kota dan Provinsi yang hanya ada 1 pasangan calon yang mendaf­tar agar berpedoman pada PKPU 14 Tahun 2015, dimana salah satu klau­sulnya harus dilakukan penundaan tahapan,” kata Sanusi. Lanjut Sanusi, ketentuan penundaan ini tercantum jelas dalam pasal 4 PKPU 14 Tahun 2015, poin a, b, dan c, sebagaimana berikut, menetapkan penundaan tahapan Pemilihan; melakukan so­sialisasi Pemilihan selama 3 (tiga) hari; dan memperpanjang pendaft­aran paling lama 3 (tiga) hari.

“Atas dasar inilah KPU Kota Tangerang menunda tahapan den­gan melakukan sosialisasi pada 11 hingga 13 Januari 2018 dan mem­buka perpanjangan pendaftaran pada 14 hingga 16 Januari 2018. Hal itu untuk memberikan kesempatan kepada partai politik untuk mendaft­arkan pasangan calon yang lain. Dan manakala tidak ada pasangan calon lain yang didaftarkan, tahapan akan dilanjutkan,” tegasnya. (made)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.