Jalan Kronjo-Mekar Baru Minim PJU

KRONJO, SNOL- Minimnya keberadaan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Raya Kronjo-Mekar Baru tepatnya di area pertanian Desa Muncung, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, dikeluh­kan sejumlah pengguna jalan dan warga. Pasalnya akibat minimnya penerangan membuat warga harus lebih waspada agar tidak menjadi korban kecelakaan lalulintas termasuk tindak criminal di ja­lan yang menjadi kewenangan Pemerin­tah Provinsi (Pemprov) Banten tersebut.

Salah seorang warga Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang Nuriyadi mengaku, tidak berani melintasi jalan Kronjo-Mekar Baru pada malam hari lantaran minimnya penerangan. Terlebih di malam hari jalan tersebut kondisinya sangat sepi. “Saya lebih memilih mengi­nap di rumah saudara yang ada di Keca­matan Kronjo daripada memaksankan pulang malam hari bila pulang kerja,” kata pria yang bekerja di kontraktor PLTU Lontar ini saat bertemu Satelit News di depan gerbang PLTU Lontar, Senin (14/1)

Menurut Nuriyadi, Jalan Kronjo-Mek­ar Baru merupakan akses terdekat untuk menuju ke Kecamatan Pontang dan Ke­camatan Tirtayasa , Kabupaten Serang dibanding harus melewati Balaraja. Un­tuk itu, dirinya berharap Pemprov Bant­en melalu Dinas Perhubungan untuk segera memasang PJU disepajang Jalan Raya Kronjo-Mekar Baru agar aktivitas warga pada malam hari bisa lancar.

“Tidak ada PJU di Jalan Kronjo-Mekar Baru bisa mengundang kriminal. Mis­alnya begal lantaran selain sepi juga gelap,” tuturnya.

Senada disampaikan, Muhmmad Yogi, warga Kecamatan Tirtayasa men­gatakan, bila Jalan Kronjo-Mekar Baru sudah terpasang PJU tentu aktivitas war­ga pada malam hari tidak akan tergan­gu. “Saya heran, di Jalan Kronjo-Mekar Baru tidak ada PJU namun di sepajang jalan Tirtayasa hingga sawah luhur Kota Serang sudah terpasang PJU,” ucapanya.

Camat Kronjo Asmawi mengatakan, pi­haknya sudah mengusulkan ke Dinas Pe­rumahan, Permukiman, dan Pemakaman (DPPP) Kabupaten Tangerang pada 2017 lalu namun berdasarkan informasi dari DPPP Kabupaten Tangerang bahwa Jalan Kronjo-Mekar Baru merupakan kewenan­gan dari Pemprov Banten. “Meski tidak pernah terdengar ada begal di Jalan Kro­njo-Mekar Baru namun kondisi tidak ada PJU membuat tidak nyaman pengendara. Apalagi pengendara motor,” kata Asmawi.

Asmawi menambahkan, pihaknya akan segera mengirimkan surat ke Pem­prov Banten melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Banten agar segera memasang PJU di Jalan Kronjo-Mekar Baru khusus­nya di area pertanian Desa Muncung. “Secepatnya, kita akan segera mengirim­kan surat permohonan ke Dishub Banten agar memasang PJU di sekitar Desa Mun­cung,” pungkasnya (imron/hendra)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.