Pelindo II Ekspansi Dermaga

CILEGON, SNOL –Pelindo) II Ban­ten berencana melakukan ek­spansi atau perluasan area der­maga. Belum lama ini, Pelindo II membukan lelang untuk pem­bangunan dermaga antara der­maga 003 dengan dermaga 008 senilai Rp 18 Miliar.

Deputi Manager Komersial PT Pelindo II Banten, Budi Prasetio mengatakan, pelaksananaan le­lang pembangunan antara dua dermaga itu sudah dimulai sejak 11 januari 2018 lalu. Pembangu­nan itu merupakan bagaian dari ekspansi Pelindo dalam menin­gkatkan jasa pelayanan. “Pelak­sanaan itu secara terbuka kita lelang. Jadi, itu ada closing gate. Kan saat ini antara dermaga 003 dan 007 kosong dan itu Letter U. Nah nanti disambungkan,” ung­kap Budi, kemarin.

Biasanya pelayanan di der­maga itu hanya melayani kapal jenis tongkang. Namun, bila dua dermaga telah tersambung, maka kapal-kapal berukuran be­sar dapat dilayani Pelindo II.

“Kalau itu sudah dibangun, kapal besar bisa masuk dan di­layani disitu. Olah gerak kapal juga sudah bisa dilakukan kalau ada penambahan di antara der­maga itu,” tandas Budi.

Sementara , General Mana­jer PT Pelindo II Banten, Ar­men Amir menyatakan, rencana pembangunan untuk menyam­bungkan dua dermaga tidak akan menggangu aktivitas bong­kar muat dermaga lain. Artinya, pengaturan bongkar muat atau arus lalu lintas kendaraan akan menyesuaikan kondisi ketika proyek dimulai.

“Itu kan Letter U, bila sudah dibangun jadi Letter L, pemban­gunannya tidak akan menggangu aktivitas dermaga lain. Dermaga yang lain tetap kita fungsikan. Na­mun, nanti akan ada penyesuaian lain,” papar Armen. Ia mengklaim, jika proyek telah selesai dibangun dan dapat dioperasikan, pelayan­an bongkar muat di dermaga tersebut dapat lebih ditingkatkan.(nal/eky/bnn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.