Kekayaan Mad Romli Rp 59 M

Zaki Rp12 Miliar

TIGARAKSA, SNOL--KPU Kabupaten Tangerang telah menerima bukti Laporan Harta Kekayaan Penyeleng­gara Negara (LHKPN) dari Ahmed Zaki Iskandar dan Mad Romli se bagai bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tangerang pada Pilbup Tangerang 2018. Pas­angan petahana itu diwajibkan un­tuk melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Ko­rupsi (KPK) sebagai salah satu syarat pencalonannya.

Persyaratan tersebut tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indone­sia Nomor 3/2017 tentang Pencalo­nan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bu­pati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Yang menarik, kekayaan Mad Romly mencapai Rp 59 miliar, melampaui Zaki yang mencapai Rp 12 miliar.

Komisioner KPU Kabupaten Tangerang, Muhamad Ali Zaenal Abidin mengaku telah menerima laporan LHKPN dari pasangan Zaki-Ombi. Menurutnya, hal itu sebagai salah satu pesyaratan dari paslon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang sebelum maju Pilbup Tangerang 2018 menatang.

Imbuh Ali, bagi siapun yang akan mengikuti gelaran Pilkada men­datang, diwajibkan untuk melapor­kan harta kekayaannya kepadaKPK sebagai salah satu syarat pencalonan.

“Sudah kami (KPU,red) terima bukti pelaporan LHKPN milik pas­angan Zaki-Ombi,” katanya, Kamis (18/1). Meski begitu, imbuh Ali, pihaknya belum dapat membeber­kan lebih jauh seberapa besar harta kekayaan milik bakal paslon tung­gal pada Pilbup Tangerang tersebut. “Saya belum baca secara rinci,” tam­bahnya.

Sebelumnya, persyaratan itu ter­tuang dalam Peraturan Komisi Pe­milihan Umum (PKPU) Republik Indonesia Nomor 3/2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Dimana, pada pasal 4 huruf (k) PKPU tersebut menyebut­kan, calon kepala daerah diwajibkan menyerahkan daftar kekayaan priba­di sebagai salah satu syarat pencalo­nan pada Pilkada Serentak 2018 ini.

Berdasarkan informasi yang dihi­umpun Satelit News pada situs milik KPK sendiri, pada hari Kamis (18/1) pukul 17.00 WIB, psangan Zaki-ombi telah masuk kedalam daftar nama-nama yang telah menyerahkan lapo­ran harta kekayaannya. Dimana, di dalam situs tersebut tercatat, jum­lah kekayaan Ahmed Zaki Iskandar mencapai Rp12.757.822.318, se­mentara kekayaan Ombi, demikian sapaan akrab Mad Romli sebesar Rp 59.241.989.684. (mg1/made)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.