Serapan Tenaga Kerja Membludak

Tahun 2017 Ditarget 450 Orang, Realisasi Mencapai 829 Orang

RANGKASBITUNG,SNOL–Dinas Tena­ga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker­trans) Kabupaten Lebak mengklaim, serapan tenaga kerja mengalami peningkatan. Baik tenaga kerja un­tuk dalam Negeri, maupun ke luar Negeri. Di tahun 2017, angkanya me­ningkat dibanding tahun 2016 lalu.

Berdasarkan data yang tercatat di instansi terkait, tahun 2017 terdapat 493 orang yang bekerja di dalam Negeri dan 336 orang yang bekerja ke luar Negeri. Angka tersebut, melam­paui target yang ditetapkan yaitu 450 orang.

Kepala Seksi (Kasi) Transmigrasi dan Penempatan Tenaga Kerja Dis­nakertrans Lebak, Dian Duriatna menyatakan, dari total jumlah tena­ga kerja yang bekerja ke luar Negeri, 62 orang diantaranya merupakan rekomendasi Disnakertrans Lebak. Adapun sisanya, atas rekomendasi BP3TKI.

“Tahun 2017 ditarget 450 orang. Tapi kenyataannya, mencapai angka 829 orang. Peningkatannya hampir 100 persen,” kata Dian, Kamis (18/1).

Disinggung, jumlah masyarakat pencari kerja melalui Disnakertrans di tahun 2017, Dian mengatakan, mencapai 7000 orang disesuaikan dengan jumlah kartu pencari kerja yang dibuatnya. Namun, data terse­but hanya yang terdaftar di Disnaker­trans. Karena menurutnya, banyak juga yang bekerja langsung tanpa membuat kartu pencari kerja.

Dian menambahkan, dari data tersebut, banyak perusahaan yang tidak melapor, terutama yang di luar Lebak. Oleh karena itu, ke de­pan pihaknya berencana membuat aplikasi yang dapat menanggulangi persoalan tersebut, semacam SMS Gutway yang tertera di kartu kuning yang dibawa pencaker.

“Prosesnya tentu bertahap, ke­mungkinan SMS tersebut bisa men­jadi cip,” tandasnya.

Kepala Disnakertrans Lebak, Ma­man SP menambahkan, perusahaan di luar Kabupaten Lebak masih min­im yang melaporkan jumlah tenaga kerjanya. “Dalam Peraturan Daerah (Perda) Banten Nomor 4 tahun 2016 pasal 17 poin lima, tentang Informasi Lowongan Kerja Sudah Terisi, peru­sahaan wajib memberikan laporan secara tertulis kepada dinas. Hal itu akan kami tindaklanjuti,” imbuhnya. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.