World Bank Siap Bantu Guru Madrasah

JAKARTA, SNOL—Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kementerian Agama (Ke­menag) mengundang World Bank untuk berdiskusi mengenai kerjasa­ma peningkatan kualitas guru ma­drasah.

Direktur GTK Madrasah, Suyitno mengapresiasi sikap World Bank yang mau ikut bekerjasama dengan Kemenag dalam meningkatkan mutu guru madrasah.

Nantinya, kerjasama meliputi Pro­gram Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Direktorat GTK Madrasah dengan program pelatihan guru (Teacher Traning Program) dari World Bank.

“Kolaborasi ini penting, mengingat Direktorat GTK Madrasah se­lama ini masih fokus pada pemenu­han hak guru seperti tunjangan. Sehingga, fokus Direktorat GTK belum maksimal pada peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan madrasah,” tutur Suyitno di Jakarta, Kamis (18/1).

Suyitno menekankan, peningka­tan kualitas pendidikan di Indonesia harus mulai dari peningkatan kuali­tas guru. Setelah itu, peningkatan juga harus ditingkatkan pada aspek lain seperti kurikulum, sarana, dan lainnya.

“Wajar jika belum memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan mutu guru madrasah,” akunya.

Sementara Perwakilan World Bank, Susiana Bhandar memapar­kan hasil riset World Bank. Dari sigi mereka diketahui bahwa guru me­miliki faktor penting dalam keber­hasilan proses belajar siswa.

“Bahkan dalam skala sekolah, fak­tor guru itu sampai 81 persen, baru selebihnya sarana prasarana dan lain-lain,” ujar Susiana.

Susiana menambahkan bahwa kerjasama yang terjalin akan fokus pada peningkatan kualitas guru me­lalui Kelompok Kerja Guru (KKG), atau Musyawarah Guru Mata Pelaja­ran (MGMP). (rgm/jpc)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.