Sekda Akui OPD Lambat Selesaikan DPA

BPKD Pastikan Minggu Depan Gaji Pegawai Cair

PANDEGLANG,SNOL–Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) di masing-masing Organisasi Perang­kat Daerah (OPD), sangat penting sebagai dasar pelaksanaan kegiatan bagi OPD, dan dasar pencairan dana bagi masing-masing peng­guna anggaran atau kuasa peng­guna anggaran. Tetapi, sampai saat ini para OPD belum juga menyele­saikannya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pan­deglang, Ferry Hasanudin mengakui jika jajarannya di masing-masing OPD terhitung lambat dalam menyelesaikan DPA. Tapi ia membantah, jika DPA itu sam­pai saat ini belum diselesaikan.

“Memang OPD-nya lambat. Tetapi sudah kami tegur, dan akhirnya sudah semua OPD me­nyelesaikanya. Saat ini sedang membahas alur kas di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD). Kemungkinan, Senin (22/1) nanti para pengawai sudah gajian. Karena, DPA-nya sudah selesai,” kilah Ferry, Jumat (19/1).

Ia juga membatah, jika DPA itu akan menganggu pelaksa­naan program kerja Pemkab Pandeglang. Karena, pelaksaan program itu ada tahapannya dan akan sesuai tahapan yang sudah ditetapkannya. “Tidak akan mengganggu. Hanya per­soalan gaji pegawai saja yang terganggu. Pasti kami akan cepat menggarap program yang sudah direncanakan. Saat ini, kami juga berlakukan disetiap OPD harus memampang kegiatannya meng­gunakan banner,” tambahnya.

Sementara, Kepala BPKD Pan­deglang, Ramadani menegas­kan, lambatnya DPA yang harus diselesaikan oleh para OPD, di­karenakan Surat Keputusan (SK) Gubernur atas evaluasi Ang­garan Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Angga­ran (TA) 2017, diterimanya pada 4 Januari 2018 lalu.

“Setelah itu, kami bahas kembali hasil evaluasi dari Gubernur pada 8 Januari 2018 lalu, dan tanggal 9 Januari 2018-nya APBD kita baru di sahkan. Dilanjut lagi, verifikasi pada 10-11 Januari 2018. Maka dari itu, OPD tidak bisa cepat me­nyelesaikan DPA-nya. Tapi, setelah kami pecut. Para OPD sudah me­nyelesaikannya,” imbuhnya.

Sebetulnya lanjut Ramadani, para OPD sudah lakukan verifikasi DPA. Hanya saja, anggaran kasnya belum ke input. “Anggaran kas itu menjadi dasar kami untuk peneta­pan Surat Penyediaan Dana (SPD) dan ditetapkannya oleh saya se­bagai Bendahara Umum Daerah (BUD). Minggu depan juga, pasti para pegawai sudah gajian,” im­buhnya.  (nipal/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.