Aset Kendaraan Rusak Bisa Tambah Rusak

Akibat Minim Perawatan dari Pemkab dan Terlantar

TIGARAKSA, SNOL—Sejumlah aset mi­lik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang masih ada yang dibiarkan terlantar tanpa perawatan yang me­madai. Jika terus dibiarkan, dikha­watirkan semakin rusak sehingga mengalami penurunan kualitas dan berdampak pada penurunan harga saat dilelang nanti.

Pantauan Satelit News, ban­yak ditemukan aset milik Pemkab Tangerang dibiarkan begitu saja di lahan parkiran, meski sudah lama tak terpakai. Seperti sejumlah unit kend­araan bus, mobil kebersihan, mobil pick up yang sejak lama terparkir di samping Kantor Bupati Tangerang. Sampai saat ini keberadaannya tidak pernah digubris dan tanpa ada upa­ya perbaikan atau dilelang melalui proses pemutihannya.

Direktur Personal Branding dan Riset Visi Nusantara Subandi Mus­bah mengaku, menyesalkan atas kondisi itu. Menurutnya, keberadaan aset milik Pemkab seharusnya bisa dijaga oleh semua pihak. Tidak se­baliknya justru dibiarkan begitu saja dan terkatung-katung nasibnya mes­ki dalam kondisi rusak.

“Seharusnya dijaga, tidak dibiar­kan begitu saja menajadi tidak ter­awat, karena ini milik pemerintah dan masyarakat,” kata Subandi, ke­pada Satelit News, kemarin.

Ia pun menyesalkan keberadaan aset kendaraan itu yang tidak lantas dilelangkan agar kualitasnya tidak terus mengalami penurunan, aki­bat mengalami korosi karena faktor cuaca dan lainnya. Meski sebena­rnya aset milik Pemkab Tangerang itu masih bisa dilelangkan agar tidak mubazir, untuk kemudian anggaran­nya dimasukan ke dalam Kas Daerah (Kasda).

“Jika sudah tidak lagi terpakai, seha­rusnya ini dilelangkan saja agar tidak mubazir. Karena nantinya anggaran­nya bisa dimasukan ke dalam APBD Kabupaten Tangerang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pen­guna Usahaan dan Penyimpanan Barang Milik Ddaerah Badan Pen­gelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tangerang Bu­diman mengaku, dari seluruh aset berupa kendaraan yang ada di kan­tor UPT Pengguna Usahaan BPKAD adalah kendaraan yang siap untuk dilelangkan. Sedikitnya ada 20 kend­araan dari berbagai merk dan jenis yang saat ini siap untuk dilelangkan.

“Kalau kendaraan yang ada di sini (UPT Pengguna Usahaan, red) adalah kendaraan yang diren­canakan akan dilelangkan,” kata Bu­diman, saat menunjukan kendaraan aset milik Pemkab Tangerang yang terparkir di kantor UPT, Rabu (24/1).

Ditanya mengenai penempatan sejumlah kendaraan yang terparkir di luar kantor UPT Pengguna Usa­haan, Budiman mengaku, hal itu bu­kan menjadi kewenangannya. Meski pada kenyataannya, pelataran parkir UPT masih sangat cukup untuk me­nampung kendaraan yang ingin ma­suk ke dalam agar bisa lebih terjaga kualitasnya.

“Kalau urusan itu (penataan dan proses pelelangan aset, red) bukan kewenangan saya. Tapi kalau biasan­ya sih, kendaraan yang ada di sini itu adalah kendaraan yang siap untuk dilelangkan. Kalau kendaraan yang dibiarkan lama rusak di luar kan­tor UPT itu silahkan tanya ke kantor induk (BPKAD),” terangnya. (mg1/aditya)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.