Tiga Rumah Rusak Tertimpa Pohon

1 Korban Diungsikan, 2 Lainnya Masih Bertahan

RANGKASBITUNG,SNOL–Sedikitnya tiga rumah milik warga di tiga lokasi di Kabupaten Lebak, rusak berat aki­bat tertimpa pohon tumbang diterpa angin kencang, Kamis (25/1) dinihari. Berdasarkan data Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, ketiga rumah tersebut yaitu, milik Saidan (60) warga Kampung Il­ham Jaya RT/RW 011/004, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cimarga.

Selain itu, rumah milik Maskur (45) warga Kampung Citeureup RT/RW 002/001, Desa Cimanyangrai, Kecamatan Gunungkencana, serta milik Fitri (64) warga Kampung Pa­nyaungan RT/RW 001/001, Desa Pa­nyaungan, Kecamatan Cihara.

Khusus rumah Fitri di Panyaungan, kondisinya dinilai membahayakan. Maka, untuk sementara tidak ditem­pati pemiliknya. Sedangkan, untuk rumah Saidan (60) dan Maskur (45), tetap ditempati, lantaran kerusakan­nya tidak begitu parah.

Relawan BPBD Kecamatan Cihara, Iwan mengatakan, informasi dari warga sekitar, kejadian itu bermula pada pukul 02.00 WIB di Desa Pa­nyaungan. Saat itu, wilayah sekitar diguyur hujan deras disertai angin kencang.

Sekitar satu jam lamanya hujan de­ras terus mengguyur disertai angin kencang. Tiba-tiba, sebuah pohon besar yang berada di belakang rumah Fitri, roboh dan menimpa bagian atapnya. “Saat ini, warga secara ber­gotong-royong mengevakuasi mate­rial yang rusak, dan dalam waktu dekat akan diperbaiki kembali secara swa­daya,” kata Iwan, saat dihubungi me­lalui telepon selulernya, Kamis (25/1).

Senada, dikatakan relawan BPBD Kecamatan Cimarga, Ikbaludin. Ka­tanya, sebelum terjadi pohon tum­bang yang menimpa rumah Saidan (60), di Desanya di guyur hujan deras disertai angin kencang. Untungnya, terpaan angin kencang segera ber­henti, sehingga sejumlah pohon be­sar lainnya di Kampung Ilham Jaya tidak banyak yang tumbang.

“Kalau saja terpaan angin kencang lebih dari satu jam, kemungkinan banyak pohon di daerah kami yang tumbang, lalu menimpa rumah war­ga. Kejadian ini sudah dilaporkan ke pimpinan di BPBD Lebak, untuk segera ditanggulangi,” ujar Ikbal.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Kaprawi membenarkan kejadian tersebut. “Kini, tim relawan BPBD Lebak sudah berada di tiga lokasi tersebut. Sambil mendistribusikan berbagai jenis bantuan untuk para korban,” ungkap Kaprawi. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.