KPU Lebak Tolak Vermin CSDS

LEBAK, SNOL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak menolak berkas adminis­trasi pasangan calon perseorangan Ce­cep Sumarno – Didin Saprudin (CSDS) di empat kecamatan untuk dilakukan verifikasi administrasi (vermin). Pe­nolakan itu disebabkan berkas admin­istrasi tersebut diserahkan melewati waktu yang telah ditentukan.

Ketua KPU Lebak Ahmad Saparu­din mengatakan, penolakan dilakukan berdasarkan keputusan atau rekomen­dasi dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Lebak lantaran berkas datang lebih dari waktu yang sudah di­tentukan. “Kita tolak karena berdasar­kan rekomendasi panwaslu kita harus menolak berkas tersebut untuk tidak mengikuti proses vermin,” kata Sa­parudin kepada BANPOS, disela-sela acara Vermin di Hotel Mutiara Lebak, Rabu (31/1).

Menurutnya, penolakan itu lantaran amar keputusan Panwaslu Lebak mer­ekomendasikan agar KPU menerima berkas dari pasangan CS-DS, kesepak­atan awal berkas CS-DS harus sudah masuk di KPU pada 28 Januari 2018. Namun tanggal 27 Januari pasangan CS – DS mendatangi KPU untuk men­gajukan keberatan dan memperpan­jang waktu penerimaan berkas yang pada akhirnya jatuh di tanggal 30 Janu­ari 2018 pukul 24.00 WIB.

“Berkas CS-DS datang pada 30 Janu­ari 2018 pukul 23.35 WIB dengan ke­adaan berantakan tidak tersusun ra­pih, akhirnya meminta perpanjangan waktu kembali lantaran berkas masih di foto copy akhirnya kita kabulkan hingga pukul 02.00 WIB,” jelasnya.

Lebih lanjut Syaparudin menjelas­kan, perpanjangan waktu tersebut ses­uai rekomendasi dari Panwaslu Lebak, tepat di pukul 02.00 WIB berkas du­kungan CSDS datang kembali namun tetap tidak utuh alias belum lengkap “Berkas empat kecamatan diantaranya dari Kecamatan Rangkasbitung, Ci­jaku, Cirinten dan Lebakgedong tiba sekitar pukul 04.00 WIB, atas rekomen­dasi Panwaslu akhirnya kita tolak,” te­gasnya.

Ketua Panwaslu Lebak, Ade Jurkoni membenarkan, pihaknya telah mem­berikan rekomendasi kepada KPU Lebak agar menolak empat berkas ad­ministrasi untuk ikut di vermin. Hal itu disebabkan penyerahan berkas diluar waktu yang telah disepakati bersama. “Kita harus tegas, karena kita dan KPU telah memberikan ruang dan waktu kepada CSDS untuk menyiapkan se­galanya,” ujar Ade.

Dikatakan, berkas administrasi dari empat kecamatan tersebut, akan di­masukan nanti dalam tahapan perbai­kan dengan berkas dua kali lipat dari sebelumnya. “Nantikan ada tahapan perbaikan jika dalam vermin sekarang tidak lengkap dan empat berkas yang ditolak tersebut bisa masuk pada taha­pan perbaikan dan sesuai aturan ber­kas kekurangannya menjadi dua kali lipat,” paparnya.

Sekadar diketahui KPU Lebak melakukan verifikasi administrasi ter­hadap berkas pasangan calon jalur perseorangan CS-DS di Hotel Mutiara Lebak. Pemeriksaan terhadap berkas yang tersebar di 24 kecamatan terse­but akan terus dilakukan hingga veri­fikasi faktual yang berakhir munculnya keterangan memenuhi syarat atau ti­dak memenuhi syarat.(fad/sep/bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.