Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspada

KOTA SERANG,SNOL-Waliko­ta Serang Tb Haerul Jaman mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi terja­di bencana. Mengingat cuaca ek­strem yang terjadi beberapa hari ini, seperti intensitas hujan yang tinggi, iklim cuaca tak menentu. “Tidak menutup kemungkinan, faktor cuaca yang demikian me­nyebabkan bencana longsor di Kecamatan Taktakan,” ucap Ja­man, Kamis (8/2).

Menurut Jaman, Kecamatan Taktakan itu daerahnya banyak perbukitan dan sering terjadi longsor jika cuaca buruk. Kata Jaman, biasanya di jalan-jalan ataupun di pelosok-pelosoknya karena dataran tinggi. “Dari enam kecamatan itu hanya Tak­takan saja, mudah-mudahan tidak terjadi,” ucapnya. Untuk kendala lainnya seperti banjir, Jaman mengklaim Kota Serang belum pernah terjadi banjir, tapi hanya genangan saja.

“Banjir tidak pernah tapi palingan genangan di beberapa titik itupun paling dalam waktu sehari langsung surut,” kata Ja­man. Meskipun hanya genan­gan, menurut Jaman, pihaknya memproritaskan titik-titik yang sudah ada didata untuk penan­ganan dan sebagainya. Pihaknya juga tetap melanjutkan perbai­kan-perbaikan pada drainase dimana ketika curah hujan yang tinggi menimbulkan genangan. “Kalau genangan sering. Tapi kami sudah mendata titik-tit­iknya, saat ini juga pemkot terus melanjutkan pembangunan,” ujarnya.

Sebelumnya, bencana po­hon tumbang masih terus ter­jadi meski Siklon Dahlia mulai meninggalkan Banten. Tepat­nya, Sabtu (2/12) pukul 08.24 WIB kembali terjadi pohon tumbang menimpa rumah war­ga. Pohon jenis kelapa tersebut menimpa rumah warga atas nama Junedi warga Kampung Kubang Perapatan RT 017 RW 004, Desa Labuan, Kecama­tan Mancak. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya genting dan atap rumah hancur akibat tertimpa pohon kelapa.

Satgas Bencana Mancak ber­sama warga melakukan pemo­tongan pohon dan pembersihan puing. M Juhriadi, Kabid Mitigasi Bencana BPBD Provinsi Banten, mengatakan, cuaca hujan dalam waktu lama dengan intensitas yang tinggi akan mengakibatkan banjir genangan di dataran ren­dah dan akan mengakibatkan longsor di dataran tinggi pada lahan lereng terjal serta kondisi tanah gundul.

Cuaca ekstrem juga bisa mengakibatkan angin puting beliung di beberapa wilayah Provinsi Banten yang men­galami perbedaan suhu yang tinggi dan rendah di wilayah tertentu terutama di wilayah pegunungan dan pantai, seperti wilayah kabupaten dan kota bagian selatan dan wilayah barat. Pihaknya men­gaku penanganan kerusakan yang ada BPBD Provinsi Bant­en bekerjasama dengan BPBD kabupaten dan kota melaku­kan upaya Kaji Cepat untuk memenuhi kebutuhan kor­ban yang terpapar bencana. (bnn)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.