Izin Warnasari Sedang Ditelaah

CILEGON, SNOL—Hingga saat ini banyak masyarakat Cilegon yang bertanya dan tidak mengetahui seberapa jauh proses perizinan sisi laut di Kemenhub dalam dalam rencana pembangunan Pelabuhan Warnasari, yang ada di Kelurahan Warnasari, Keca­matan Citangkil, Cilegon.

Humas Ditjen Hubla pada Ke­menhub, Lollan Panjaitan me­maparkan, bahwa hingga saat ini proses pengurusan perizinan Pelabuhan Warnasari yang diu­rus oleh Badan Usaha Pelabu­han (BPU), PT Pelabuhan Cile­gon Mandiri (PCM) itu tengah dibahas oleh Ditjen Kepelabu­han dan Pengerukan.

Tahapan perizinan tersebut, terang Lolan, setelah PT PCM mendapat arahan dari Menhub, Budi Karya Sumadi untuk me­minta berbagai pendapat dan masukan dari direktorat teknis yang ada di Ditjen Hubla.

“Terkait dengan progres per­izinan Pelabuhan Warnasari, sudah ada permohonan penu­gasan dari PT Pelabuhan Ci­legon Mandiri (PCM) kepada Menteri Perhubungan. Namun, arahan Menhub terlebih dahulu meminta pendapat atau masu­kan dari Direktorat Teknis yakni Direktorat Kepelabuhanan,” un­gkap Lola, kemarin.

Lollan menyebutkan, saat ini dokumen perizinan masih ditelaah secara komprehensif oleh Ditjen Kepelabuhanan. Pihaknya belum dapat merinci penelaahan tersebut, karena masih dalam proses penyusu­nan. “Saat ini sedang disusun telaahannya oleh Direktorat Ke­pelabuhanan,” imbuh Lolan.

Penelaahan dokumen periz­inan itu, berkaitan dengan per­izinan yang dilakukan PCM pada sisi darat. Dari informasi yang diperoleh pihaknya, pengurusan perijinan terkait Analisa Menge­nai Dampak Lingkungan (AM­DAL) diketahui tengah diproses PCM. “Sedangkan proses yang tengah dilakukan oleh PT PCM, yaitu mereka sedang mem­buat Kerangka Acuan AMDAL,” terang Lolan. Sementara, jaja­ran direksi PT PCM belum dapat dikonfirmasi. (nal/bnn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.