Pabrik Styrofoam di Tigaraksa Terbakar

Karyawan Sebut Api dari Percikan Las

TIGARAKSA, SNOL—Ruang produksi, gudang dan cutting (pemotongan) styrofoam PT Panca Cipta Bersama di Jalan Aria Jaya Santika KM 3,5 Kampung Pasir Nangka, Desa Pasir Nangka Kecamatan Tigaraksa, Jumat (16/2) siang ludes dilalap api. Karyawan menyebut api bersumber dari percikan las mesin di dalam pabrik.

Pantauan Satelit News, Api yang membara tak lama berhasil dijinakan oleh petugas pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang yang tiba sekitar pukul 14.50. Bahkan beberapa petugas pemadam keba­karan bersama karyawan dan warga sempat mengevakuasi styrofoam dari dalam gudang ke luar pabrik. Saat api mulai padam, polisi pun memasang garis polisi atau police line.

Maman salah satu karyawan ba­gian umum PT Panca Cipta Bersama mengungkapkan, api berasal dari percikan las yang sedang dikerjakan para pekerja shift 2 sekitar pukul 14.00. Saat itu percikan api lang­sung menyambar styrofoam yang ada didekatnya. Bahkan para pekerja mencoba untuk memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), namun api tak bisa dipadamkan dan kian membesar.

“Pegawai shift 2 yang ada di dalam lang­sung pada lari keluar, karena api membe­sar. Sempat terdengar ada ledakan juga karena memang di dalam ada gas,” ujar Maman yang sudah bekerja sejak tahun 2004 kepada Satelit News, kemarin.

Maman mengaku, dirinya meru­pakan pegawai shift 1 yang baru pu­lang pukul 13.00. Menurutnya, ada sekitar 50 orang pekerja untuk shift 1 dan 2 di pabrik ini. “Informasi yang saya terima temanteman yang kerja shift 2 sudah keluar semua saat api membesar. Jadi hari ini (kemarin, red) masuk untuk tukar hari libur menjadi Sabtu besok (hari ini, red),” jelasnya.

Terkait adanya aktivitas pegawai yang sedang mengelas, petugas secu­rity pabrik pun membenarkan. “Iya ada yang sedang mengelas,” ucap Asdi.

Sementara itu, Komandan Pleton Pemadam Kebakaran BPBD Kabu­paten Tangerang, Boy Rakhmat men­gatakan, ada 6 unit mobil pemadam kebaran diturunkan ke lokasi guna memadamkan api. “Kami terima in­formasi pukul 14.19 dan tiba 14.50. Ada 6 mobil pemadam dari Curug 2, Tigaraksa 1, Cisoka 1, Pasar Kemis 1 dan Balaraja 1,” jelasnya.

Menurut Boy, beberapa waktu setelah tim pemadam tiba api berhasil dijinakan. Kata dia, butuh waktu seki­tar 1 jam untuk proses pendinginan, menginggat banyak bahan yang mu­dah terbakar di pabrik styrofoam ini.

“Untuk kerugian belum bisa kami pastikan. Namun bisa kami pastikan tidak ada korban jiwa, karena saat api membesar pabrik sudah kosong,” pungkasnya. (aditya)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.