Pohon Tumbang Timpa Rumah

Akibat Diterjang Angin Kencang

CIKULUR,SNOL–Rumah milik Ade, war­ga Kampung Muncang Kopong, Desa Muncang Kopong, Kecamatan Ciku­lur, Kabupaten Lebak, hancur akibat tertimpa pohon besar. Tumbangnya pohon besar tersebut, diduga karena ti­dak sanggup menahan hembusan angin kencang dan hujan deras sekira pukul 21.45 WIB, Kamis (15/2) malam.

Beruntung peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian di­taksir mencapai puluhan juta rupiah karena barang berharga yang berada didalam rumah ikut hancur akibat ter­timpa material bangunan. Kini, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Ade beserta istri dan ketiga anaknya ha­rus tinggal ditempat penampungan di sebuah gubug atau warungan tempat berjualan makanan anak sekolah yang berada tepat di depan rumahnya.

Seorang warga setempat, Eli Sahroni mengatakan, Desa Muncang Kopong pada Kamis (15/2) dihuyur hujan de­ras disertai angin kencang. Akibatnya, diduga pohon besar yang tidak jauh dari rumah korban tidak kuat menahan kencang angin sehingga tumbang dan menimpa rumah milik Ade. “Kondisi rumah milik Ade kini dalam keadaan rusak akibat tertimpa pohon, selain itu perabotan rumahnya juga ikut rusak,” kata Eli Sahroni, Jumat (16/2).

Kata Eli, kejadian ini sudah dilapor­kan ke Pemerintah Desa (Pemdes) bah­kan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak untuk segera di­berikan bantuan Kedaruratan.” Kepala desa sedang berusaha mengajukan per­mohonan bantuan perbaikan rumah milik Ade, kita harap ada bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Lebak,” harapnya.

Untuk sementara, lanjut Eli. Un­tuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pemilik rumah semen­tara menempati warung kecil yang tidak jauh dari rumah korban. Pasal­nya, jika pemilik rumah menempati rumah tersebut, khawatir pohon be­sar tersebut meratakan seisi bangu­nan rumah Ade.

“Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pemilik rumah sementara menempati warung kecil,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Kaprawi membenarkan, satu buah rumah permanen milik Ade war­ga Kampung Muncang Kopong, Desa Muncang Kopong, Kecamatan Cikulur rusak berat akibat tertimpa pohon besar yang tumbang akibat diterjang angin kencang pada hari kamis (15/2) malam.

“Saya sudah mendapat laporan dari pihak Pemdes soal kejadian tersebut. Kita juga sudah memberikan bantuan Kedaruratan bagi korban,” imbuhnya. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.