Ratusan Pelajar Bersihkan Sampah di Jalan

Pemkab Pandeglang Gelar Operasi Semut

PANDEGLANG, SNOL—Pemkab Pan­deglang menggerakan ratusan pe­lajar baik tingkat SD, SMP maupun SMA di Kabupaten Pandeglang untuk ikut Gerakan Operasi Semut yakni memungut sampah di seki­tar perkotaan Pandeglang, Selasa (20/2). Kegiatan dalam rangka mem­peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ini dimulai sekitar pukul 07.00.

Salah seorang pelajar SMPN 1 Ka­rangtanjung, Riska mengaku baru pertama kali mengikuti Gerakan Operasi Semut yang diadakan Bupa­ti Pandeglang Irna Narulita. Ia men­gaku sangat senang sekali bisa ikut serta pada kegiatan tersebut.

“Kebersihan kan sebagian dari iman, tentu saja membersihkan sam­pah di sepanjang jalan Alun-alun Pandeglang bagian dari ibadah juga. Saya sangat senang sekali bisa dili­batkan di acara ini, karena saya bisa menyumbangkan tenaga untuk ke­bersihan Pandeglang,” kata Riska di sela-sela sedang memunguti sampah di sekitar alun-alun, Selasa (20/2).

Ia juga sangat berharap semua pi­hak bisa menjaga kebersihan baik di rumah masing-masing maupun di luar rumahnya. “Mudah-mudahan dari kegiatan ini ada hikmahnya juga buat kami dan yang lainnya, supaya tidak membuang sampah semba­rangan lagi,” harapannya.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan itu untuk menjadikan Pan­deglang lebih bersih. Karena dengan suasana bersih akan membuat dae­rah lebih nyaman.

“Pandeglang milik kita semua, mari jadikan Pandeglang lebih baik lagi melalui budaya buang sampah ketempatnya,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pandeglang, Anwari Husnira menambahkan, kegiatan yang di­lakukannya itu baru pertama kali. Ia berjanji bakal menjadikan kegiatan ini rutin setiap tahunnya.

“Kami melaksanakan kegiatan ini bukan hanya rutinitas semata, akan tetapi bertujuan agar dapat mem­berikan contoh kepada masyarakat betapa pentingnya sadar menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan,” imbuh­nya. (nipal/aditya)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.