Plt Minta Appraisal Lahan PCM Dipercepat

CILEGON, SNOL – Rencana PT ASDP mengkompensasi lahan milik PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) dan lahan per­orangan lainnya yang bersing­gungan dengan lokasi pemban­gunan Dermaga VII tertunda. Pasalnya, pembelian lahan un­tuk perluasan dermaga VII itu masih perlu dihitung ulang, kar­ena masa pada appraisal yang sebelumnya sempat dilakukan telah melewati batas jatuh tem­po.

Plt Walikota Cilegon, Edi Eriadi mengatakan, bahwa PT ASDP telah menyampaikan, jika hasil appraisal yang sebelum­nya sempat dihitung oleh Kan­tor Jasa Penilai Publik (KJPP) yang ditunjuk, telah kedaluarsa. Oleh karena itu, PT ASDP akan menghitung kembali estimasi nilai taksiran lahan PCM dan lahan lainnya yang akan dibeli untuk ekspansi dermaga VII. Hal tersebut disampaikan set­elah pihaknya bertemu dengan Direktur Pelayanan ASDP, Chris­tine Hutabarat, beberapa waktu lalu di kantor Walikota Cilegon.

“KJPP kan batas waktunya 6 bulan, ketika selisihnya 2 miliar lebih lah, karena nilai ekonomis­nya kita hitung. Kalau dia berpa­tokan tanah. Sama seperti Pak Juali, dia meminta besar, bukan karena nilai ekonomisnya dibe­sarkan tetapi perhitingan kjpp nya memang seperti itu,” tutur Edi.

Agar tidak terdapat perbedaan penilaian estimasi harga lahan antara PCM dan ASDP, saran Plt, KJPP dapat ditentukan bersama. Hasil dari perhitungan KJPP nantinya disepakati secara ber­sama sebagaimana yang dilaku­kan Pemkot dengan PT Krakatau Steel tentang pelepasan aset la­han helipad KS untuk pemban­gunan Alun-alun.

“Semestinya ke KJPP bareng-bareng. Seperti kita dengan KS melakukan sama-sama dengan alun-alun,” imbuh Edi.

Untuk itulah, pihaknya mem­inta kepada ASDP dapat mem­percepat proses perhitungan ulang lahan PCM. Permintaan untuk mempercepat appraisal itu, kata Edi, telah disepak­ati bersama dengan direktur pelayanan ASDP, Christine Hutabarat ketika membahas secara bersama di Kantor Pem­kot. Hal itu ditegaskannya agar ASDP dapat memberikan kepastian kompensasi pem­belian lahan dan kantor milik BUMD Kota Cilegon itu. (nal/eky/bnn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.