SMU/SMK Cilegon 100 Persen UNBK

CILEGON, SNOL – Kantor Ca­bang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Banten untuk Kota Ci­legon memastikan, pelakaanaan Ujian Nasional (UN) pada bulan April mendatang, di 9 sekolah tingkat SMU/SMK Negeri akan dilaksanaka dengan ujian ber­basis komputer.

Hingga kini, dari keterbutuhan 200 unit komputer yang diusul­kan KCD ke Pemprov Banten, 50 persen diantaranya telah di­distribusikan ke sembilan SMU/SMK Negeri di Cilegon.

Kepala KCD Pendidikan Provinsi Banten, Ofa Saepudin menyampaikan, seluruh fasili­tas penunjang pelaksanaan UN Berbasis Komputer (UNBK) di­pastikan akan selesai disediakan sesuai kebutuhan sebelum hari pelaksanaan. Saat ini, pihaknya masih menunggu sisa kebutu­han unit komputer yang belum terdistribusikan.

“Semua (fasilitas komputer, red) hampir sudah ada dan kita akan dorong lagi sesuai kebutu­han. Jauh sebelumnya, sudah kita dropping sekitar 50 persennya, tinggal 50 persen lagi sisanya,” un­gkap Ofa, akhir pekan kemarin.

Dirinya memastikan, jika UN secara manual di sembilan sekolah tersebut tidak ada, kar­ena peralatan unit komputer telah tersedia. “UNBK sudah di­pastikan akan dilaksanakan 100 persen di Cilegon. Fasilitas se­mua sudah tersedia semua, jadi tidak ada lagi dengan manual,” ujar Ofa.

Sejauh ini, masih terdapat sisa yang belum terdistribusi dari jumlah komputer yang dibu­tuhkan. Jumlah sisa itu akan dipenuhi pada awal April men­datang.

“Kalau SMAN 2, kalau tidak salah, saya kurang tahu persis jumlahnya, ada sekitar 20 kom­puter yang kurang. SMAN 1 ada kekurangan 40 unit komputer dan tinggal server ditambah. Be­gitu juga untuk SMK ada tamba­han,” terang Ofa.

Terkait dengan persiapan UN yang dijalankan masing-masing sekolah, Ofa mengatakan, jika seluruh tahapan persiapan telah dilakukan. Uji coba penggunaan komputer untuk persiapan UN juga telah dilakukan pihaknya akhir tahun 2017 lalu. “Untuk pengenalan sistem, sudah uji coba semua,” katanya. (nal/eky/bnn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.