Jalan Cirabit Terancam Longsor

Mulai Retak – Retak dan Ganggu Kenyamanan Pengendara

RANGKASBITUNG,SNOL–Ruas Jalan Ci­kande – Rangkasbitung (Cirabit), tepat­nya di Kampung Dalam, Desa Nameng, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, terancam longsor. Pasalnya, badan jalan tersebut sudah retak akibat tanggul sebagai penahan badan jalan, diduga tidak kuat menahan beban pada jala tersebut. Terlebih, tanah di badan jalan tersebut labil, sehingga rentan longsor.

Atas kondisi itu, pengguna jalan dan warga sekitar meminta kepada pemerintah (instansi terkait), segera turun tangan memperbaikinya. Jangan sam­pai dibiarkan berlarutlarut, yang akhirnya malah memakan korban.

Seorang pengguna jalan, Iwan Se­tiawan mengatakan, jalan tersebut ha­rus segera ditangani. Mengingat, jika dibiarkan terlalu lama, khawatir keru­sakan jalan yang menghubungkan Ka­bupaten Lebak dengan Jakarta ini ber­tambah parah dan longsor.

“Jalan ini sangat ramai dilintasi pengendara, baik roda dua, roda em­pat dan lebih. Maka, pemerintah ha­rus segera melakukan langkah konkrit. Jangan sampai nunggu longsor dan kerusakannya bertambah parah,” kata Iwan, Minggu (11/3).

Ia yang juga salah seorang karyawan swasta di Kabupaten Lebak ini mengaku, tahun 2017 lalu sudah pernah di­tangani secara darurat oleh pemerintah pusat, melalui Satuan Kerja (Satker)-nya dengan penambalan menggunakan hotmik. Tapi, upaya tersebut ternyata tidak berdampak signifikan, malah per­baikannya tak bertahan lama.

“Banyak faktor yang mengakibatkan­nya, selain tanah tersebut diduga la­bil, ruas jalan Nasional ini juga banyak dilintasi kendaraan besar. Jadi wajar, ketika rusa jalan ini cepat rusak walau diperbaiki. Oleh karenanya, butuh ke­seriusan dalam menanggulanginya,” ujarnya.

Senada, dikatakan warga lainnya Abidin. Menurutnya, tanah di badan jalan tersebut labil. Sehingga, tanggul yang berada dilokasi tidak kuat mena­han beban jalan tersebut. “Dulu sempat ambrol. Tapi diperbaiki dan dibuatkan tanggul. Tapi karena tanahnya labil, ja­lan ini kembali retak,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, Wakil I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lebak, HM Yogi Rochmat mengatakan, dalam hal ini pemerintah harus segera turun tangan memperbaiki rusa jalan yang rusak. Memang, jalan tersebut sa­lahsatu jalan penting bagi kelangsungan warga, serta menunjang peningkatan perekonomian warga Kabupaten Lebak.

“Mewakili DPRD, kita akan sampai­kan hal ini kepada dinas atau satker yang bersangkutan, untuk segera diperbaiki,” imbuhnya. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.