Kisruh Jelang Mukota II Kadin Tangsel

Pendaftaran Calon Ketua Kadin Resmi Ditutup

SERPONG,SNOL— Per Hari Minggu 11 Maret kemarin, pendaftaran calon Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tangsel dan peserta Mukota II Kadin Tangsel resmi ditutup. Jelang Musyawarah Kota (Mukota) II Kadin Tangsel, kekisruhan masih terjadi di in­ternal organisasi tersebut. Kon­disi ini membuat Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie angkat bicara.

Benyamin meminta kepada para pengurus demisioner Kadin Kota Tangsel, untuk melakukan musyawarah guna menghin­dari kekisruhan kepemimpinan di tubuh organisasi tersebut. Musyawarah perlu dilakukan meski Kadin merupakan lembaga di luar kewenangan pemerintah daerah.

“Saya harap Kadin bisa ber­musyawarah. Saya belum menda­pat laporan tersebut. Kadin Tangsel ini kan memang sudah demision­er cukup lama, semoga dengan musyawarah sesegera mungkin Kadin Tangsel sudah memiliki ketua yang baru,” ujar Benyamin kepada Satelit News usai acara Pencanangan Hari Kopi Nasional Indonesia dan Ikrar Pengurus De­wan Kopi Indonesia (Dekopi) di Intermark, BSD, Minggu (11/3).

Seperti diketahui, kekisruhan kepemimpinan Kadin Tangsel yang dinilai tidak akuntabel, se­cara mengejutkan menjadi per­soalan panjang yang kemudian dikeluarkannya Mukota Kadin II oleh panitia commite yang diang­gap telah menabrak aturan AD/ART. Mukota II Kadin Tangsel ren­cananya dilakukan pekan depan. Hal ini memicu adanya intervensi politik yang sedang hangat jelang tahun politik 2019.

Jumpa pers yang dimotori Miz Farha Diba, salah satu kandidat Ketua Kadin Tangsel, menyata­kan, sedikit ketersinggungannya terkait pengurus Kadin Tangsel yang tidak transparan karea masih melibatkan caretaker yang sudah melebihi masa kadaluarsa

Di hadapan sejumlah aktivis dan anggota Kadin Tangsel, Far­ha Diba mempertanyakan keab­sahan pendaftaran pertama dan legalitas Mukota yang diseleng­garakan oleh panitia. Namun dirinya tetap siap maju sebagai kandidat Ketua Kadin Tangsel.

“Kualitas dan legalitas panitia Mukota itu bolong dan banyak intrik politik mempertahankan caretaker yang dianggap sudah kadaluarsa,” tegas Farha Diba saat jumpa pers, Sabtu (10/3).

Juru Bicara (Jubir) kandidat Far­ha Diba, Sigit menambahkan, acuan yang sudah ada dalam Keppres Nomor 17 tahun 2010, pada Pasal 19 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Ru­mah Tangga (AD-ART) Kamar Da­gang dan Industri, sudah ditabrak oleh panitia. “Caretaker-nya sudah kadaluarsa mestinya dicopot dulu, bahkan kepemimpinan Kadin Tangsel sudah dieleminasi oleh kami,” lanjut Sigit.

Mukota II Kadin Tangsel dalam waktu dekat akan dilaksanakan sesuai dengan SK Dewan Pengu­rus Kamar Dagang dan Industri Indonesia Nomor: SKEP/Oll/CARETAKER/KADIN-Tangsel/I/2018 tentang Pengesahan Susunan Personalia Pengarah/Steering Committee dan Panitia Pelaksana/Organizing Commute Musyawarah Kota II Kamar Da­gang dan Industri Kota Tangsel Tahun 2018, muncul lima tuntut­an yang harus dievaluasi kembali

Ketua Caretaker Kadin Kota Tangsel Abdurahman menga­takan hingga batas waktu yang ditentukan, calon ketua Kadin Kota Tangsel yang mendaftar hanya satu orang yakni M Fauzi Siregar. Sedangkan peserta Mu­kota II Kadin Tangsel akan diiku­ti 291 peserta (Perusahaan) dan 20 perusahaan peninjau.

“Pendaftaran calon ketua dan peserta Mukota II kadin Kota Tangsel resmi ditutup,” ungkap Abdurahman menjelaskan.

Abdurahman menegaskan, tahapan ini sudah sesuai den­gan AD/ART Kadin Kota Tang­sel. Saat ini pihaknya bersama Panitia Mukota II Kadin Kota Tangsel sedang mempersiapkan pelaksanaan Mukota yang akan diselenggarakan pada 18 Maret mendatang. “Kami dan panitia sedang fokus dalam menyukses­kan Mukota II Kadin Kota Tang­sl,” paparnya.

Wakil Ketua Caretaker Kadin Kota Tangsel Rinton Simarmata mengatakan pihaknya mem­bantah adanya anggapan bah­wa batas SuratKeputusan (SK) Caretaker Kadin Kota Tangsel sudah habis. Kadin Provinsi su­dah memperpanjang SK kepen­gurusan Caretaker Kota Tangsel.

“Tidak benar bahwa SK Care­taker sudah tidak berlaku. Semua sudah sesuai aturan yang ber­laku, “ katanya. (mg2/jarkasih)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.