Konsumsi Ikan Masih Rendah

CILEGON, SNOL – Konsumsi ikan segar di Kota Cilegon, diketahui masih tergolong rendah. Ber­dasarkan informasi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertani­an (DKPP) Kota Cilegon, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Cilegon pada tahun 2017 masih di angka 25 kilogram per kapita per tahun. Tingkat konsumsi itu masih dibawah nilai ideal, yakni 25,3 kilogram dalam satu tahun.

Kepala DKPP Kota Cilegon, Wawan Hermawan menjelas­kan, untuk meningkatkan indeks konsumsi ikan di Kota Cilegon perlu melakukan gerakan ge­mar memakan ikan. Untuk me­realisasikan itu, kebutuhan dan ketersediaan ikan di masyarakat harus berimbang. “Jadi per­cuma, apabila sosialisasi yang getol dilakukan tanpa diimbangi dengan ketersediaan ikan di ten­gah masyarakat,” ujar Wawan, kemarin.

Ia menjelaskan, salah satu upaya untuk menjaga keterse­diaan ikan di masyarakat, yakni perlu mengoptimalkan peran masyarakat dalam pembudi­dayaan dan pembenihan ikan. Beberapa wilayah seperti di Kecamatan Purwakarta, Cibe­ber dan Jombang, menjadi area yang banyak membudidayakan ikan. Selain itu, pihaknya juga turut memberikan bantuan ka­pal kepada nelayan untuk men­ingkatkan hasil tangkapan ikan. “Harapannya bisa memenuhi kebutuhan ikan di tengah masyarakat. Tahun lalu kita juga beri bantuan kapal ke nelayan, untuk memaksimalkan hasil tangkapan ikan di laut juga,” terang Wawan.

Selama ini, hasil dari budi­daya ikan masih belum dapat memenuhi target yang diharap­kan. Dari sekitar 168 orang yang membudidayakan pembesaran ikan dan 30 orang pembenih ikan, jumlah ikan mencapai dua juta ikan. Dari targetnya 6 juta ikan dalam setahun, sisa keter­butuhan ikan masyarakat cile­gon masih didatangkan dari luar daerah.

“Masih defisit empat juta ikan dalam setahun, itu disuplai ikan-ikan dari luar kota,” pung­kas Wawan.

Sementara, Kepala Unit Pe­layanan Teknis (UPT) Perikanan pada DKPP Kota Cilegon, Nu­groho menambahkan, pihaknya telah memberikan bantuan ka­pal untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan.(nal/eky/bnn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.