Plt Bupati Lebak Peringatkan Kepala Disdukcapil

Harus Segera Melengkapi Sarana Prasarana dan Jaringan

RANGKASBITUNG,SNOL–Plt Bupati Lebak, Ino S Rawita mengatakan, pelayanan terhadap masyarakat di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lebak, harus terus ditingkatkan. Karena, hingga kini dini­lai masih kurang optimal. Akibat, masih kurangnya sarana prasarana di kantor tersebut, sehingga masyarakat harus berdesakdesakan saat membuat ad­ministrasi kependudukan.

Hal itu disampaikan Ino, saat melaku­kan kunjungan ke Disdukcapil bersama Asisten Daerah (Asda) I Setda Lebak, Alkadri, Senin (12/3). Menurutnya, penumpukan antrian masyarakat terse­but, akibat masih kurangnya fasilitas sebagai penunjang pelayanan administrasi kependudukan, seperti tempat duduk dan jaringan.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Kepala Disdukcapil Lebak, Ujang Bahrudin, untuk menambah fasilitas serta harus segera berkoordi­nasi dengan pemerintah pusat, terkait sering adanya gangguan jaringan. Agar pelayanan ini bisa dirasakan masyara­kat secara nyaman.

“Sangat kurang pelayanan ini, khu­susnya dalam infrastruktur. Disduk­capil merupakan salah satu kantor yang banyak dikunjungi masyarakat, khusus­nya yang ingin membuat administrasi kependudukan,” kata Ino, Senin (12/3).

Akibat masih kurangnya fasilitas di kantor Disdukcapil Lebak itu, Ino juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersabar dalam antrian. Sebab, jika ti­dak dibarengi tingkat kesabaran, hal ini dapat memicu emosi. “Karena ruangan yang ada di Disdukcapil Lebak ini ma­sih kurang, masyarakat harus bersabar,” tandasnya.

Ke depan tambahnya, agar pelayan­an di Disdukcapil lebih prima, di hari Minggu tetap dilakukan pelayanan ke­pada masyarakat dalam melengkapi admin kependudukannya.

Kepala Disdukcapil Lebak, Ujang Bahrudin membenarkan, terkait ma­sih kurang optimalnya pelayanan, khususnya dalam sisi sarana prasara­na. Namun menurutnya, hal itu tidak membuat pegawai Disdukcapil mengurangi pelayanan prima terhadap masyarakat.

“Kita harap, masyarakat bisa memak­lumi terkait kondisi ini. Kendala jaringan, kita juga sudah sampaikan ke Ke­menterian,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Pak Ube ini menambahkan, untuk menambah pelayanan prima, pihaknya sudah mengajukan ke Pemerintah Provinsi (Pem­prov) Banten untuk menambah mobil layanan. “Saat ini, ada 4 unit mobil layanan keliling. Namun, dirasa masih kurang maksimal. Pihaknya berharap, ada bantuan tambahan kembali. Tidak hanya itu, Disdukcapil juga tetap mem­berikan pelayanan di hari libur, seperti Sabtu dan Minggu, kepada masyara­kat yang akan mengurus administrasi kependudukan,” imbuhnya. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.