Pemanfaatan Lahan TTM Diundur

CILEGON, SNOL – Dishub Kota Cilegon tidak akan tergesa-gesa untuk mengkerjasamakan la­han seluas 4,6 hektar dengan PT ASDP sebagaimana rencana sinkronisasi konsep pembangu­nan Dermaga Premium, Pelabu­han Merak.

Hal itu disampaikan setelah sebelumnya Pemkot mengeta­hui, jika PT ASDP saat ini ten­gah fokus menyelesaikan pem­bangunan Dermaga Premium di Dermaga VI guna mengejar Penyelenggaraan Angkutan Lebaran, beroperasinya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan pelaksanaan event olahraga in­ternasional, Asean Games di Palembang, pada Agustus 2018 mendatang.

“Time schedule mereka kan, pembangunan (dermaga pre­mium, red) itu cukup lama. Se­mentara di satu sisi ada event besar kita, pertama Lebaran dan kedua Asean Games. Nah, kita kan nggak mau gambling, apalagi pihak kepolisian dalam menghadapi angkutan Lebaran. Maka dari itu, tidak dibangun secara totalitas. Termasuk untuk Asean Games, arus lalu lintas­nya diminta untuk lancar,” un­gkap Kepala Dishub Kota Cile­gon, Andi Affandi dikonfirmasi, kemarin.

Penegasan tidak tergesa-gesa yang dimaksud, kata Andi, kar­ena pihaknya turut memiliki kewajiban untuk bersama-sama dengan PT ASDP mensukseskan terselenggaranya dua event na­sional itu, baik Angkutan Leba­ran dan Asean Games 2018 yang akan melintasi Kota Cilegon le­wat Pelabuhan Merak.

“Jangan sampai dua even be­sar nasional ini terganggu kar­ena pembangunan dermaga VI. Sekarang ini, lancar saja dulu, dua event ini,” ujar Andi.

Sebelum masuk pada rencana kerjasama, saat ini Pemkot se­dang menyelesaikan pemecah­an sertifikat lahan pemkot yang ada di Terminal Terpadu Mekak (TTM). Dari 6,6 hektar lahan yang dimiliki pemkot, 2 hektar diantaranya akan diserahkan kepada Ditjen Hubdar Kemen­hub dan sisa seluas 4,6 hektar akan dikerjasamakan dengan PT ASDP.

“Di Dishub sudah clear, seka­rang prosesnya ada di BPKAD dan sedang diurus dengan BPN. Jadi, nanti 2 hektar akan diserah­kan ke Kemenhub dan 4,6 hektar kerjasama dengan ASDP. Kalau bicara tentang pola kerjasaman­ya, ada pada ranah Plt (Walikota Cilegon, red). Kita hanya mem­berikan bahan saja, sama seperti BPKAD,” pungkas Andi.

Pada pemberitaan sebelum­nya, General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Fahmi Alweni mengatakan, proses kerjasama pemanfaa­tan lahan pemkot yang akan digunakan untuk menyokong perluasan Dermaga premium tidak dapat dilakukan dengan cepat. Sebab, Pemkot Cilegon masih memproses pengalihan aset TTM ke Kementrian Per­hubungan, pihaknya juga masih mengupayakan penyelesaian la­han milik perorangan yang akan digunakan untuk akses masuk dermaga premium.

Hal itu dikemukakan setelah Direktur Pelayanan PT ASDP, Christine Hutabarat bertemu Plt Walikota, Edi Eriadi, beberapa waktu lalu di Puspemkot Cile­gon. “Kalau (kerjasama, red) pemanfaatan lahan Pemkot be­lum bisa (diproses cepat, red), karena ketika kita berbincang dengan beliau (Plt Walikota, red), ada satu lahan yang kita urus di situ, milik Jueni (lahan perorangan, red) belum selesai, mau akan pembebasan tetapi harga yang belum cocok,” ung­kap Fahmi, Minggu (25/2).

Rencana kerjasama peman­faatan lahan Pemkot, diprediksi akan dilakukan pasca Lebaran mendatang. Mengingat penye­lesaian pemanfaatan lahan bu­kan hanya lahan milik pemkot saja, namun dan sejumlah milik perseorangan yang juga dipros­es oleh PT ASDP Pusat, karena berhubungan dengan perluasan akses jalan masuk ke Dermaga Premium.

“Proses pemanfaatan lahan itu kemungkinan bisa setelah Leba­ran. Memang pemkot minta un­tuk dikelola ASDP, hanya yang jadi masalah, di situ juga ban­yak permukiman. Tinggal nanti pembicaraan tingkat atas untuk mencari solusi terbaik, yang penting bermanfaat untuk pe­merintah dan ASDP serta tidak merugikan masyarakat,” ujar Fahmi. Bilamana penyelesa­ian itu dilakukan secara instan, sambung Fahmi, maka hasil yang diperoleh tidak akan mak­simal. Untuk itu, pihaknya saat ini akan menfokuskan pada per­siapan Angkutan Lebaran dan penyelesaian pembangunan Dermaga Premium.

“Kalau (proses penyelesa­ian pemanfaatan lahan, red) terburu-buru tidak akan mak­simal, makanya kita fokus dulu dengan pembangunan dermaga premium dan persiapan untuk lebaran,” imbuh Fahmi. (nal/eky/bnn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.