Polres Bandara Ancam Penyebar Hoaks

BANDARA, SNOL—Polres Metro Kota Bandara Soekarno – Hatta akan me­nindak tegas pelaku penyebar berita bohong atau hoaks. Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Bandara Soekarno Hatta Komisaris Besar Akhmad Yusep Gunawan.

Yusep mengatakan, pihak yang membuat dan menyebarkan berita palsu atau informasi yang kebenara­nnya masih diragukan akan ditindak. Bahkan Komunitas Bandara Soetta (Kombata) juga membentuk team cyber untuk menangkal beredarnya informasi palsu atau hoaks tersebut.

“Kami akan melakukan tindakan sesuai dengan ketentuan yang ber­laku terhadap pelaku pembuat dan penyebar hoaks,” kata Yusep saat ditemui di Garuda City Center, Ka­wasan Bandara Soekarno-Hatta, Ka­mis (15/3).

Yusep mengatakan, dalam pen­indakan ini jajarannya melalui tahapan-tahapan yang akan dilak­sakan untuk mencari tentang pen­anggung jawab yang menerbitkan atau mengeluarkan berbagai bentuk hoaks. Tak hanya itu, fitnah dan uja­ran kebencian juga akan ditindak.

“Kami akan tindak tegas pihak yang dapat menimbulkan kerugian atau telah mengakibatkan kerugian baik materil maupun perasaan yang tidak menyenangkan terkait peris­tiwa yang sebenarnya kepalsuan dan fitnah atau pun ujaran kebencian,” katanya.

Ia mengajak seluruh masyarakat di Bandara Soetta tidak mudah terha­sut dengan informasi yang kebena­rannya masih diragukan. Pihaknya juga tengah mengembangkan team cyber di Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami, Kombata, telah membuat group komunikasi baik bersifat ele­ktronik mau pun manual. Kami juga membentuk team Cyber di Bandara Soetta. Di mana manajemen media ini kami jadikan satu dengan melibatkan semua karyawan dari masing-masing stakeholder dengan menunjuk ad­min dan operatornya dan sharing in­formasi. Saat ini masih dalam proses pengembangan,” kata Yusep.

Yusep meminta kepada seluruh pihak untuk mendukung Kombata dalam hal melakukan perang dan pencegahan terhadap berita hoaks. Hal ini dirasa cukup penting meng­ingat banyaknya berita palsu yang beredar. (iqbal/gatot)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.