ASN Harus Disiplin dan Jauh Dari Perilaku Korupsi

Kejari Ingatkan OPD Dilingkungan Pemkab Pandeglang

PANDEGLANG,SNOL–Dalam sambutannya di upacara Hari Kesadaran Nasional, yang dige­lar di Alun-alun Kabupaten Pan­deglang, Senin (19/3). Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pan­deglang, Nina Kartini, meng­ingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) baik dilingkungan Kejari maupun dilingkungan Pemkab Pandeglang, agar mengede­pankan disiplin kerja, kerja cer­das, cepat dan tidak melakukan tindakan yang melawan hukum (korupsi).

Selain itu, Nina juga meng­ingatkan kepada semua pihak, harus mengedepankan disiplin anggaran dalam bekerja. Maksud dari prinsip disiplin anggaran kata Kejari Pande­glang ini yaitu, dimana setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Pandeglang yang memperoleh anggaran, harus dapat menggu­nakan secara efisien, tepat guna dan tepat waktu pertanggung­jawabannya, serta tidak melak­sanakan kegiatan atau proyek yang tidak tersedia atau belum tersedia kredit anggarannya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Prinsip disiplin anggaran, wa­jib dilaksanakan. Dalam pelak­sanaanya, harus sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Karena, kalau tidak disiplin ang­garan, akan terjadi pelanggaran-pelanggaran (korupsi). Makanya, penting sekali disiplin anggaran diterapkan, baik diinternal kami (Kejari,red) maupun dilingkun­gan Pemkab Pandeglang,” tegas Nina, Senin (19/3).

Ia juga menyinggung soal pe­nilainnya terhadap seluruh OPD di Pemkab Pandeglang, yang di­anggapnya sudah baik atau be­lum dalam mengelola anggaran. Wanita berhijab ini menegaskan, di OPD itu masih harus di disiplinkan lagi, harus sesuai ke­tentuan yang berlaku, harus melaksanakan sesuai Standard Operating Procedure (SOP)-nya.

“Masih adanya laporan pengaduan disalah satu OPD itu, berarti masih menunjukkan disiplin anggarannya belum maksi­mal. Tapi, mudah-mudahan un­tuk kedepannya, penegak hukum kejaksaan selalu bersosialisasi dalam rangka memberikan pe­tunjuk, arahan, memberikan bimbingan sekaligus mengingat­kan. Mudah-mudahan, apa yang kami berikan bisa membuat OPD lebih disiplin anggaran, sesuai ketentuan yang berlaku dan hara­pan semuanya,” terangnya.

Ditambahkan, jika para OPD ragu dalam melaksanakan ang­garan, disarankannya untuk meminta pengawalan dan pengamanan dari Aparat Penegak Hukum (Kejari). “Tentu saja, kami akan mengawal dan mengamankan sesuai aturan-aturan yang berlaku,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Ferry Hasanudin mengatakan, amanat ibu Kajari Pandeglang bagus. “Amanat ibu Kajari (Nina Kartini,red) sangat bagus. Karena mengingatkan aparatur, termasuk ASN dilingkungan pemerintahan,” ungkap Ferry.

Ia juga mengklaim, setiap saat dan setiap waktu, serta setiap ada momentum selalu mengingat­kan bawahanya, agar taat azas, memiliki integritas, menjaga martabat dan wibawa aparatur. “Selalu saya ingatkan, dan pasti akan selalu diingatkan,” tandas­nya. (nipal/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.