BSD City Ajak Pendidik Tangerang Kunker

Ke Sekolah Percontohan GSM di Yogyakarta

SERPONG, SNOL—Sinar Mas Land me­lalui Tim Rumah Pintar BSD City ba­gian dari CSR Sinar Mas Land men­gajak 26 pendidik dari Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang untuk melakukan kunjungan kerja ke sekolah-sekolah percontohan yang telah menerapkan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Yogyakarta pada 21-23 Maret 2018. Sekolah per­contohan GSM yang dikunjungi terse­but adalah SD Negeri Karangmojo II Gunung Kidul, SD Muhammadiyah Mantaran Sleman, SD Negeri Rejodani Sleman, SMP Negeri 1 Girimulyo Ku­lonprogo, dan Rumah Pintar Nur’aini Gunung Kidul, Yogyakarta.

Direktur PT BSD Tbk, Syukur Lawige­na mengungkapkan, kunjungan ini bertujuan untuk melihat dan belajar langsung dari perubahan nyata yang terjadi di tempat asal penerapan GSM. “Dengan kunjungan tersebut, para peserta diharapkan dapat termotivasi dan merasakan semangat GSM yang tumbuh dan berkembang pesat di Yo­gyakarta,” kata Syukur dalam rilis yang diterima Satelit News, Jumat (23/3).

Dalam kesempatan itu dilakukan dialog dengan kepala sekolah dan guru SMP di Yogyakarta bersama Ke­pala Dinas Pendidikan setempat, yang memperbincangkan implementasi konsep GSM di dalam materi ajar.

Tim Rumah Pintar BSD City melaku­kan pemantauan dan pendampingan untuk melihat perubahan fisik dan pola pikir yang terjadi di sekolah-seko­lah yang menerapkan pola GSM yang konsepnya adalah menjadikan seko­lah sebagai tempat belajar yang me­nyenangkan, sehingga dapat menjadi rumah kedua bagi anak.

Dari pantauan Tim Rumah Pin­tar BSD City, sejumlah sekolah di Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang mengalami peruba­han pola ajar yang mengarah pada pengembangan karakter yang lebih peduli pada sesama dan lingkungan, fokus pada keunikan yang dimiliki masing-masing anak didik sehingga mendorong kreativitas, inovasi dan menginspirasi. Perubahan itu terjadi setelah mereka menerapkan GSM.

“Pengajar lebih bisa berinteraksi dengan para muridnya. Siswa pun tampil lebih ceria, emosi terkontrol, so­pan dan percaya diri,” ungkap Syukur.

Sekolah di Tangerang Selatan yang mengikuti GSM adalah SMPN 7, SMPN 20, SMPN 22, SMP Falatehan, SMP Muhammadiyah, SMP Bakti Nusantara, SMP Iptek, SMP Asaa­dah, MTs Pembangunan Nurul Islam, dan MTSN An-Nashihin. Sedangkan sekolah di Kabupaten Tangerang yang mengikuti gerakan ini adalah MTSN 5 Pagedangan, SMPI Manba’ul Ulum, MTSS Manba’ul Ulum, SMP Nurul Falah Pagedangan, MTs Pembangu­nan Nurul Islam, MTs Raudlatur Irfan, MTSN Legok. (ib/dm)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.