Aplikasi Sipil Diklaim Pertama di Indonesia

TANGERANG, SNOL—Setelah be­berapa waktu lalu melakukan soft launching, KPU Kota Tangerang Se­lasa (27/3) secara resmi melaunch­ing aplikasi Sistem Informasi Pemili­han (Sipil) di Hotel Allium. Aplikasi Sipil Kota Tangerang diklaim meru­pakan satu-satunya di Indonesia.

Pada launching ini, antara lain hadir komisioner KPU Banten Wa­hyul Furqon, Panwaslu, Asisten Tata Pemerintahan Kota Tangerang Ivan Judianto, perwakilan parpol, PPK, Tim Pemenangan Arief-Sachrudin yang dipimpin Asep Ferry Bastian selaku ketua dan undangan lainnya.

Wahyul Furqon dalam sambutan­nya mengatakan, harus dipastikan apakah nama- nama masyarakat su­dah terdaftar di Daftar Pemilih Se­mentara (DPS) atau belum. “Kami membutuhkan peran serta dari partai politik dan juga ormas untuk menjemput masyarakat dan memas­tikan apakah sudah terdaftar di DPS. Jadi masyarakat tinggal klik aplikasi Sipil ini dan memasukkan NIK dan NKK maka akan muncul data atau namanya,” ungkapnya.

Kegiatan ini katanya juga bisa di­katakan sebagai program KPU men­jemput atau melayani. “Siapa pun warga Kota Tangerang yang secara konstitusional yang memiliki hak pilih, maka ia harus terdaftar sebagai pemilih. Karena syarat untuk dapat memilih maka ia harus terdapat seb­agai pemilih,” ucapnya.

Maka dari itu, untuk memastikan seseorang sudah terdaftar maka peran aktif masyarakat menjadi dibutuhkan. Salah satunya adalah melalui aplikasi ini. “Kita juga ber­harap kepada partai politik agar mendorong masyarakat untuk sa­ma-sama memastikan apakah na­ma-nama mereka sudah terdaftar di DPS,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi. Ia mengatakan, selama empat bulan pihaknya menggarap aplikasi ini. Di dalam aplikasi ini, ujarnya bu­kan hanya sekadar mengecek data kependudukan, tetapi juga bisa un­tuk melihat angka partisipasi pemilih serta hasil Pilkada 27 Juni 2018. “Dari 171 daerah yang menggelar pilkada serentak, aplikasi ini baru ada di Kota Tangerang. Selain itu, ucapnya ada komposisi calon dengan visi misinya.

Sementara, Ketua Tim Pemenan­gan Arief-Sachrudin, Asep Ferry Bastian mengapresiasi aplikasi ini. Ia mengatakan, melalui aplikasi ini juga bisa meningkatkan partisipasi pemil­ih sesuai dengan yang dicanangkan. “Dan semoga ini menjadi upaya sin­ergi dalam rangka mencapai target partisipasi pemilih,” ucapnya.

Selain itu dengan adanya aplikasi ini, akan membantu masyarakat dan terutama tim untuk memperoleh in­formasi dalam setiap tahapan kam­panye, penetapan DPT dan sampai hari H. “Saya kira ini sudah luar biasa dan kami mengapresiasi ini semoga menjadi bagian hal yang bermanfaat untuk terwujudnya proses demokrasi di Kota Tangerang,” ucapnya. (made)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.