Pos Damkar Kronjo Tak Terpakai

KRONJO, SNOL- Proyek pembangunan Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kampung Pasar Baru, Desa Pasilian, Ke­camatan Kronjo, Kabupaten Tangerang saat ini dalam kondisi tak terawat akibat tidak dipakai. Sejak selesai dibangun pada 2015 lalu, bangunan ini tak di­fungsikan. Akibatnya lokasi ini dipenuhi sampah domestik dan tumbuhan liar.

Salah seorang warga Kampung Pasil­ian, Desa Paslian, Kecamatan Kronjo Wahyudin mengaku heran Pos Damkar yang sudah selesai bangun tidak segera ditempati oleh petugas Damkar dari Badan Penangulangan Bencana Dae­rah (BPBD) Kabupaten Tangerang. Pa­dahal, bila ada petugas di Pos Damkar Kronjo bisa mengantisipasi lebih cepat bila terjadi kebakaran di Kecamatan Kronjo dan kecamatan disekitarnya.

“Saya heran, kenapa Pos Damkar Kronjo yang telah selesai beberapa ta­hun lalu kok belum ditempati. Akibat ti­dak ditempati kondisi sekarang banyak sampah di samping Pos Damkar,” kata Wahyudin kepada Satelit News sam­bil menunjukan tumpukan sampah di samping Pos Damkar, Rabu (28/3).

Wahyudin berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang me­lalui BPBD segera memfungsikan Pos Damkar Kronjo untuk ditempati oleh petugas Damkar sebab bila tidak segera ditempati dikhawatirkan bangunannya akan rusak dan akan menjadi tempat pembuangan sampah. “Saya yakin bila sudah difungsikan tidak akan ada yang buang sampah di samping Pos Dam­kar,” harapnya.

Ditemui terpisah, Camat Kronjo As­mawai mengatakan pihaknya sudah beberapa kali menyampikan ke BPBD Kabupaten Tangerang untuk segera memfungsikan Pos Damkar Kronjo, namun hingga saat ini belum ada tin­dak lanjut. Padahal, Pos Damkar yang dibangun pada 2015 sangat berman­faat bila segera difungsikan untuk mempercepat pemadaman bila terjadi kebakaran di Kecamatan Kronjo dan sekitarnya yang selama ini bila terjadi kebakaran meminta bantuan di Pos Damkar Balaraja dan Sepatan.

“Masalah sampah yang menumpuk di samping Pos Damkar saya belum kroscek. Kalau benar nanti kita akan angkut,” ujarnya.

Asmawai menambahkan, berdasar­kan pemantauan yang dilakukan pi­hak Kecamatan pada Februari lalu, Pos Damkar Kronjo masih layak untuk di­tempati kendati sejak selesai dibangun belum pernah ditempati.

“Kondisi Pos Damkar masih bangun tapi bila tidak ditempati dan dirawat terus pasti akan rusak,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Penangulan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Tangerang Agus Sury­ana mengatakan BPBD Kabupaten Tangerang belum bisa memfungsikan Pos Damkar Kronjo karena banguan Pos Damkar Kronjo tidak dilengkapi fasilitas pendukung Damkar. Misalnya, sumber air, Pompa Air, dan ruang piket petugas Damkar. “Kalau ditempati saat ini, nanti untuk mengisi air mobil Dam­kar dimana. Kemudian petugas piket Damkar menunggu dimana,” kata Agus saat dihubungi melalui telepon.

Agus menambahkan, agar Pos Dam­kar segera difungsikan pihak BPBD su­dah mengusulkan fasilitas pendukung Pos Damkar Kronjo yang saat ini sedang proses lelang. “Fasilitas pendukung Pos Damkar sedang proses lelang. Insyallah pada 2018 ini Pos Damkar Kronjo sudah bisa ditempati petugas Damkar karena anggota dan peralatan sudah disiap­kan,” pungkasnya. (imron/hendra)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.