Jalan Baru Sepanjang 5,4 Km Dibuka

Pemkab Gandeng TNI Lewat Program TMMD Ke 101  

GUNUNGKENCANA,SNOL–Guna mem­percepat akselerasi pembangunan, khususnya di bidang infrastruktur jalan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak membuka akses jalan baru sepanjang 5,4 Kilometer dengan lebar 8 meter, yang menghubung­kan Kampung Cisered, Desa Cimanyarangray dengan Desa Parakan Lima, Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten Lebak,Rabu (4/4). Un­tuk pelaksanaannya Pemkab Lebak mengandeng Kodim 0603 Lebak dengan mengemasnya dalam kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 101.

Danrem 064/ Mulana Yusuf – Se­rang, Kolonel CZI Budi Harsiwanto mengatakan, selain personil Kodim 0603 Lebak, kegiatan TMMD ini juga melibatkan personil prajurit Batalyon 320 Badak Pu­tih, Marinir, Polri dan Organisasi Masyara­kat (Ormas), serta masyarakat setempat.

“Sebanyak 150 personil yang di dalamnya terdiri dari, anggota TNI dari berbagai Batalyon, Polri, Ormas, ma­syarakat dan para pemuda setempat. Dalam pelaksanaannya, 5,4 Km terse­but akan diselesaikan selama 30 hari, dari tanggal 4 April sampai 3 Mei 2018 mendatang,” ujar Kolonel CZI Budi Harsiwanto, saat membuka pelaksa­naan TMMD ke 101, Rabu (4/4).

Menurutnya, TMMD ini juga dalam rangka mensinkronkan dengan program Pemkab Lebak. Katanya, Kabupaten Lebak salahsatu Kabupaten terluas di Provinsi Banten. Maka, pembangunan infrastruktur dan sarana fisik, khususnya di bidang infrastruktur jalan harus didu­kung dari berbagai pihak.

“Pembangunan jalan baru sepanjang 5,4 KM dengan lebar 8 meter, ini men­jadi jalan utama yang di perkeras men­jadi 3 meter, melintas di wilayah hutan. Kehadiran jalan baru ini, bisa mem­berikan angin segar untuk pertumbu­han roda perekonomian masyarakat. Pasalnya, selama ini masyarakat sekitar cukup kesulitan ketika akan membawa hasil panen buminya, akibat akses jalan yang rusak,” terangnya.

Dandim 0603 Lebak, Letkol CZI Syafa Susanto menambahkan, tidak hanya pada pembangunan jalan saja, kegiatan TMMD ini yang juga diisi dengan ke­giatan sosial lainnya. “Sasaran tamba­han selain non fisik pada jalan, kita juga melakukan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 3 unit, masjid 1 unit, MCK, pos kamling dan pembangunan tugu yang dibantu oleh dinas terkait, di Kabupaten Lebak,” ujar Letkol CZI Syafa.

Sementara, Plt Bupati Lebak Ino S Rawita mengatakan, TMMD ini meru­pakan program TNI. Dengan adanya program ini, Pemda khususnya merasa bersyukur dan terbantu. Ditambahkan­nya, kegiatan ini menjadi agenda ber­kesinambungan, dalam rangka memper­cepat pembangunan di daerah. Sehingga dengan pembangunan jalan, jembatan terus dilakukan, guna meningkatkan ke­sejahteraan masyarakat Lebak.

“Mudah mudahan, ke depan terus ditingkatkan lagi. Kabupaten Lebak yang begitu luas, seluruh program ha­rus masuk ke desadesa, yang belum terjangkau. Isya Allah dengan TNI, pro­gram ini lebih baik dan cepat terserap,” ujar Ino. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.