KPU Tangsel Mulai Coklit 18.985 Rumah

SERPONG,SNOLMulai hari ini, 17 April, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan melaku­kan gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak se­cara door to door ke 18.985 ru­mah. Gerakan ini dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk tahap penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

“Coklit serentak ini dilakukan di tingkat nasional, provinsi dan kota/kabupaten. Untuk Kota Tangsel sebanyak 929.157 daf­tar pemilih yang bakal dicoklit. Gerakan coklit serentak ini me­libatkan seluruh anggota KPU RI, KPU Provinsi, KPU Kabu­paten/Kota, PPK, PPS, dan Pan­tarlih. Minimal masing-masing mencoklit 5 rumah,” ujar Ketua KPU Kota Tangsel Muhammad Subhan, Senin (16/4).

Gerakan coklit serentak se­bagai upaya mewujudkan daf­tar pemilih yang komprehensif, akurat, dan mutakhir. Pencokli­tan ini mekanismenya terdiri dari perbaikan data pemilih, mencatat pemilih baru, dan mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat.

Kegiatan ini diharapkan mampu menggugah kesadaran masyarakat dalam berperan menghasilkan data pemilih yang berkualitas dan menjadikan pelaksanaan Pemilu 2019 men­jadi lebih terpercaya dan legiti­mate.

“Pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan datang harus dapat mendorong hadirnya pemilih yang berdaulat dan karena itu negara menjadi kuat,” pungkas­nya.

Sebelum dilakukan Coklit, KPU Kota Tangsel telah menyiapkan para petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) da­lam menyusun Daftar pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 nanti. Dari proses pemutakhiran, data pemilih diharapkan teliti karena persoalan DPT dianggap sangat sensitif.

Anggota KPU Kota Tangsel, yang juga Pokja Data, Ahmad Mudjahid Zein, mengatakan pemutahiran data pemilih tersebut mengacu pada Pera­turan KPU Nomor 11 Tahun 2018. Banyak hal harus diper­hatikan KPU, karena selain me­mutahirkan data pemilih, hal itu juga berkaitan dengan pe­nentuan dan penetapan jum­lah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Tangsel.

“Karena jumlah pemilih ini berkaitan langsung dengan TPS, maka kami akan sekali kerja da­lam penyusunan data pemilih, sekaligus penetapan jumlah TPS di Kota Tangsel untuk Pemilu 2019 nanti,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, KPU Kota Tangsel dalam waktu dekat ini akan merekrut Petu­gas Pantarlih untuk bertugas di seluruh kelurahan. Pantarlih ini yang akan melakukan pen­cocokan data pemilih (Coklit), yang akan diserahkan oleh KPU RI dalam bentuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

“Sambil menunggu DP4 yang diserahkan oleh KPU RI untuk Kota Tangsel, kami merekrut Pantarlih yang memang jujur dan mampu menjalankan tugas­nya dengan sangat baik,” pung­kasnya. (jarkasih)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.