Lembaga Sertifikasi ISO Audit Karantina Cilegon

CILEGON, SNOL – Karantina Kelas II Cilegon Diaudit oleh tim Lembaga Sertifikasi ISO PT Mutu Agung lestari dalam rangka SMM surveillance 2 untuk ISO 9001:2015. Auidt ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 11 – 13 April 2018.

Melalui siaran tertulis, Senin (16/4), Kepala Karantina Cilegon Heri Yulianto mengatakan Audit ISO sangat bermanfaat bagi kemajuan pelaksanaan sistem manajemen mutu ke depan sehingga nantinya banyak mendapat masukan dari tim auditor tentang implementasi standar mutu ISO 9001:2015 di Karantina Cilegon.

Diketahui sebelumnya Karantina Cilegon telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001: 2008 sejak April 2012 dengan ruang lingkup kegiatan jasa pelayanan sertifikasi karantina hewan dan tumbuhan pada kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II Cilegon.

Dan mulai Oktober 2017 bertransisi menjadi ISO 9001:2015. ISO 9001 merupakan sistem standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu organisasi dalam memastikan bahwa organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholdernya serta dapat memenuhi persyaratan Perundangan, hukum dan peraturan yang terkait dengan produk atau Jasanya. ISO 9001:2015 lebih menekankan pada manajemen resiko dalam hal pengidentifikasian, pengendalian dan pemanfaatan peluang.

Adapun cakupan audit meliputi Top Manajemen, Kasie Karantina Hewan, Kasie Karantina Tumbuhan, bagian Tata Usaha dan jabatan fungsional. Berdasarkan hasil audit yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut, auditor menyatakan terdapat 3 ketidaksesuaian minor dan 6 kategori saran. Dengan hasil temuan audit ini, Kepala karantina Cilegon berharap untuk terus meningkatkan kinerja sesuai dengan sistem manajemen mutu sehingga pelayanan kedepan menjadi semakin lebih baik. (bnn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.