19 Bangli di Terminal Sunan Kalijaga Dibongkar Paksa

Akibat Tak Mengindahkan Surat Teguran Kedua dari Pemkab

RANGKASBITUNG,SNOL–Sebanyak 19 kios alias Bangunan Liar (Bangli) yang berada disekitar Terminal Angkutan Kota (Angkot) Sunan Kalijaga, Keca­matan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, hari ini (Jumat,11/5) akan dibong­kar paksa. Pasalnya, setelah diberikan surat teguran kedua, pemilik Bangli tersebut tetap tidak mengindahkannya dengan membongkar sendiri. Makanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak akan membongkar paksa.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lebak, Sumardi mengatakan, karena ti­dak ada itikad baik dari pemilik Bangli tersebut, akhirnya tim gabungan yang meliputi Dishub, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja, Polisi, TNI dan Denpom Lebak, akan melakukan pembongkaran paksa terhadap 19 kios yang ada disekitar lingkungan Terminal Sunan Ka­lijaga.

“Surat teguran pertama, sudah tidak diindahkan. Begitupun surat teguran kedua, juga tak dihiraukan. Maka ter­paksa, kami yang membongkarnya,” kata Sumardi, Rabu (9/5).

Menurutnya, tindakan tegas ini, se­lain lokasi tersebut akan ada perema­jaan terhadap terminal, dilokasi tersebut juga banyak laporan bahwa warungwarung tersebut kerap dijadi­kan praktik prostitusi. Untuk itu, guna membasmi penyakit masyarakat ini menjelang bulan Ramadhan, lokasi tersebut harus dibongkar.

“Terminal Sunan Kalijaga yang su­dah kumuh ini, harus dibersihkan dan ditata ulang. Guna memberikan kenya­manan bagi masyarakat,” ujarnya.

Disinggung, bagaimana bila para pe­miliknya tersebut tidak akan mening­galkan masingmasing kiosnya, kata Sumardi, tidak akan mungkin seperti itu. Karena, 19 kios yang akan dibong­kar tersebut berada di atas tanah milik Pemkab Lebak.

“Kami yakin, para pemilik kios terse­but akan menyadari bila pembongkaran tersebut tujuaanya positif,” tandasnya.

Kepala Dinas Satpol PP Lebak, Dar­tim menambahkan, terkait rencana pembongkaran 19 kios di Terminal Sunan Kalijaga, pihaknya mengaku sudah diberitahu oleh tim koordinasi, dan siap membantu pembongkaran­nya.

Pasalnya, hal itu terpaksa dilaku­kan, karena surat teguran kedua ternyata tidak diindahkan oleh pemi­liki kios. “Yang pasti, pembongkaran belasan kios di Terminal Sunan Kali­jaga, akan berlangsung tertib. Karena, petugas yang diturunkan jumlahnya cukup banyak. Sehingga, dipastikan tidak akan ada perlawanan dari pe­milik kios,” imbuh Dartim. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.